Selisih Satu Suara Yong Hendri Unggul Dalam Pemilihan Antar Waktu Nagari Jambak

Realitakini.com -- Pasaman 
Pemerintah Nagari Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping menggelar pemilihan wali nagari pengganti antar waktu (PAW). Yong Hendri unggul dalam pemilihan tersebut yang  dilaksanakan di SDN 02 Jambak, Selasa (14/3/2023).

Pemilihan wali nagari pergantian antar waktu itu dilakukan karena nagari itu telah 18 bulan  dipimpin oleh pejabat sementara (Pjs), Teguh Setia. H.S.STP.

Pj.Wali Nagari Teguh Setia. H.S.STP menyampaikan pemilihan wali nagari yang memberikan hak suara sejumlah 110 yang mewakili unsur. Namun dalam pemilihan dilakukan oleh 108 keterwakilan dikarenakan dua orang tidak bisa memberikan hak suaranya dikarenakan ada kegiatan lainnya.

"40 orang keterwakilan unsur dari Perangkat Nagari, Bamus, Lpmn dan Pkk, 55 orang dari keterwakilan 11 unsur dan 5 orang per Jorong  dari keterwakilan kejorongan," ujar Teguh 

Ia juga menyebutkan pelaksanaan pemilihan hari ini dilakukan proses dua kali musyawarah, dari enam bakal calon di jaring menjadi tiga calon

"Dari tiga calon yang dipilih unsur Yong Hendri unggul dengan jumlah  54 suara, urutan dua  Yunasril dengan jumlah 53 suara dan ketiga Hari Raun dengan perolehan satu suara," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Teguh menyampaikan terima kasih atas kerjasama perangkat nagari, tokoh masyarakat, niniak mamak dan kelembagaan nagari yang telah membantu tugas pemerintahan selama kepemimpinannya.

"Melalui kesempatan ini saya mohon maaf jika selama mengemban tugas sebagai penjabat wali nagari ada yang tidak berkenan. Harapan saya, mudah-mudahan kekeluargaan dan silaturahmi kita tetap terus terjaga di masa datang," tutupnya.

Sementara itu Camat Lubuk Sikaping, Nina Darmayanti, S.STP mengucapkan, Alhamdulillah bahwa proses pemilihan wali nagari antar waktu Nagari Jambak telah usai dilaksanakan dengan berjalan aman, lancar dan kondusif.

Ia juga menyebutkan setelah proses pemilihan, dilanjutkan pleno penetapan Wali Nagari Jambak terpilih oleh Bamus diusulkan dilaporkan ke pemerintah daerah dan di agendakan pelantikan oleh Bupati Pasaman pada Selasa 21 Maret 2023.

Camat Lubuk Sikaping berharap dengan terpilihnya wali nagari Jambak definitif  kedepannya nagari  tersebut bisa lebih baik lagi dalam membangun dan memajukan nagari. (Nurman)



Post a Comment

Previous Post Next Post