Berkontribusi dan Bekerja Keras Membina TTG, Benny Utama Terima Lencana Inovasi Desa

 


Realitakini.com -- Pasaman

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia, Dr.(HC) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd menganugerahi Lencana Inovasi Desa kepada H. Benny Utama, SH.MM. di Bandar Lampung , Rabu 7 Juni 2023.

Lencana Inovasi Desa tersebut diterima Bupati Pasaman, atas Kontribusi dan Kerja Kerasnya dalam membina pengembangan Teknologi Tepat Guna Desa.

"Alhamdulilah,  Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman mendapatkan Penghargaan dari Menteri Desa PDTT Republik Indonesia, terima kasih atas apresiasi ini yang merupakan milik masyarakat," ujar Bupati Pasaman, H.Benny Utama pada awak media diruang kerjanya, Jumat (9/6/2023).

Apresiasi juga untuk, Yuhandi yang juga  menerima penghargaan  dari Mendes PDTT  Republik Indonesia, atas inovasinya mesin oven pengering pinang berbahan bakar oli bekas pada pergelaran Teknologi Tepat Gunas Nusantara XXIV di Provinsi Lampung.

Bupati Pasaman juga menyebutkan  penyumbang PDRB terbesar untuk Kabupaten Pasaman saat ini berasal dari sektor pertanian hampir 60 persen.

Menurutnya, dengan mesin oven pengering pinang berbahan bakar oli bekas tersebut, bisa mempercepat pengeringan pinang dari 4 hari menjadi 15 jam. Sehingga menguntungkan bagi masyarakat dengan biaya produksi serta waktu lebih efisien dan harga lebih tingginya," tuturnya.

Sebelumnya  masyarakat melakukan pengeringan melalui terik matahari, jika cuaca kurang baik maka resiko pinang akan berjamur dan tentu ini akan menyebabkan menjadi rusak dan harga akan turun.

Selanjutnya, Ia juga berharap kepada Inovator mesin oven pengering pinang tersebut untuk menambah alat pengukur suhu sehingga akan menjadi lebih sempurna.

Bupati juga menyebutkan teknologi tepat guna ini dapat di kembangkan ke nagari - nagari lain dan untuk tahun 2024 bisa menganggarkan di APD nagari. 

Benny Utama juga berharap akan lahir  Yuhandi - Yuhandi lainya dengan menciptakan inovasi - inovasi Teknologi Tepat Guna yang berbeda. (Nurman)


Post a Comment

Previous Post Next Post