Bupati Pasaman Tandangtangani Komitmen Mitra Pembiayaan Usaha Pertanian

Realitakini.com -- Pasaman 
Bupati Pasaman, H. Benny Utama  menghadiri acara temu koordinasi dan penandatanganan komitmen bersama antara mitra pembiayaan dan pelaku usaha agribisnis serta pengembangan usaha pertanian, di Hotel Mercure Padang Sumatera Barat Sabtu (9/6/2023).

Hadir pada kesempatan ini Menteri Pertanian Bapak Syahrul Yasir Limpo (SYL) , Dirjen Sarana dan prasarana Pertanian Ir. Ali Jamil, MP, Ph.d, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansarullah, Wakil Gubernur Audy Joinaldy, serta Bupati da Walikota se Sumatera Barat.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian,Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian yang maju, mandiri dan modern mustahil tanpa intervensi penguatan modal. Dengan intervensi permodalan ini, dimungkinkan tercapai peningkatan hasil yang bermuara pada peningkatan pendapatan petani.


Kemudian  Ia menyebutkan, salah satu upaya pemerintah dalam rangka penguatan permodalan bagi petani yaitu dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bidang pertanian.

Melalui program ini, petani dapat terbantu dalam mengembangkan budidaya pertanian dari hulu hingga hilir,"ujar Mentan SYL

Selain itu ia juga mengatakan, sektor pertanian atau usaha pertanian didorong untuk memanfaatkan fasilitas KUR. Kementan terus mendorong pemanfaatan KUR untuk pengembangan pertanian.

Tujuan utama dari KUR diantaranya untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan menengah serta mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja," tutupnya.(Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post