Dibuka Bupati Eka Putra, MTQ Nasional Ke-6 Tingkat Kecamatan Rambatan Digelar Dua Hari


Realitakini.com Tanah Datar                                    -Dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-6 Tingkat kecamatan Rambatan akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 24-25 Juni, Sabtu (24/06/2023) di Lapangan Bola Kaki Nagari Rambatan. 

Turut hadir dalam pembukaan MTQ Anggota Kabupaten Tanah Datar DPRD, Ketua TP-PKK Lise Eka Putra, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Amril, Bupati Yanah Datar Sisa, Masa, Jabatan Periode 2016-2021 Zuldafri Darma, Staff Ahli, Asisten, Kepala OPD, Forkopinca, Camat Rambatan Roza Melfita,  ketua MUI, Wali nagari Se Kecamatan Rambatan, Ketua KAN, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, lembaga serta organisasi dan tamu undangan lainnya. 

Sebelumnya dalam sambutan panitia pelaksana Chandra Gusnadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia mulai dari tingkat kecamatan sampai ke nagari persiapan untuk kesuksesan acara serta juga dukungan dari para tokoh masyarakat. 

Camat Rambatan Roza Melfita dalam sambutannya menyampaikan ucapkan apresiasi  dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bupati yang sudah mendukung kegiatan tersebut dan generasi muda, masyarakat Nagari dan panitia pelaksana MTQ Kecamatan rambatan sehingga  bisa mempersiapkan kegiatan MTQ, sebagai festival keagamaan yang bertujuan mengagungkan Alquran di tingkat kecamatan Rambatan. 

"MTQ adalah festival keagamaan yang bertujuan mengagungkan Alquran, dilaksanakan di Nagari Rambatan mulai dari tanggal 24 sampai 25 Juni 2023, MTQ bukan sekedar lomba tapi diharapkan bisa menjadi wadah dalam rangka menggali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Alquran sehingga dapat mewarnai kehidupan dan mendorong semangat untuk cinta al-qur'an dan menjadikan Alquran sebagai pegangan dan pedoman hidup," ujarnya. 

Lebih lanjut Roza Melfita mengatakan sebagai ajang silaturahmi dan meningkatkan tali persaudaraan dalam ukhuwah islamiyah menyebarkan indahnya nilai-nilai kebaikan dan mengagumkan salam Ilahi sehingga masyarakat yang Islam dapat terwujud dengan filosofi adat basandi kitabullah melalui kegiatan MTQ mewujudkan visi dan misi dari pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 

Sementara itu kepala kementrian Agama Kabupaten Tanah Datar Amril dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan MTQ adalah dalam rangka ibadah, sebagai ajang silaturahmi dan meningkatkan tali persaudaraan dalam ukhuwah islamiyah. 

"MTQ Menyebarkan indahnya nilai-nilai kebaikan dan mengagumkan salam Ilahi sehingga masyarakat yang Islam dapat terwujud deng Allah sebagaimana firman dari Allah pastilah mereka menemukan banyak hal yang bertentangan di dalamnya sungguh sangat ke Diri apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dan Sisi kegiatan Syiah keagamaan tanpa mampu memaknai motif komprehensif akan nilainya memanfaatkan kemaslahatan yang menyertainya," tuturnya. 

Kepala kemenag juga memyampaikan ucapan apresiasi dan Terima kasih kepada bupati Tanah Datar yang sangat mendukung program kegiatan bersifat keagamaan, seperti MTQ,  Rumah Tahfizh, Wakaf 1000 Hafizh l, BKTM, dan kegiatan keagamaan lainnya. 

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh penonton masyarakat yang sudah mensupport penuh Kegiatan kecamatan Rambatan yang menurut bupati sangat berkesan dan akan banyak melahirkan juara-juara baru. 

"Pada MTQ ke-6 ini saya memantau dan menyaksikan bagaimana KUA dengan Kecamatan membina kegiatan-kegiatan keagamaan di rambatan ini salah satu satunya di Kabupaten Tanah Datar di kecamatan inilah paling banyak memiliki Nagari yang memperoleh penghargaan dalam kegiatan keagamaan, ujar bupati

Untuk itu menurut bupati dukungan dari Kemenag dari tokoh masyarakat bersama perantau untuk bersama-sama selamatkan generasi untuk dipersiapkan generasi generasi yang akan nantinya bisa tampil di ajang tingkat provinsi dan nasional. 

"Perlu diketahui tahun ini kita akan melaksanakan MTQ nasional tingkat provinsi Sumatra Barat yang ke-40 di Solok Selatan para Safira telah melakukan seleksi semoga Tanah Datar kembali mampu merebut juara umum di saat tahun 2019 lalu," tukas bupati Eka Putra. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post