Dilepas Bupati 336 CJH Tanah Datar Akan Bertolak Menuju Tanah Suci Mekkah

Realitakini.com Tanah Datar   
                               -
Dilepas Bupati Eka Putra Sebanyak 336 Calon jemaah Haji (CJH) Tanah Datar tahun 2023  bertolak menuju Mekkah,  dengan 299  jemaah kloter 12  berangkat hari ini dan 37 jemaah kloter 17 nama kloter nusantara  akan berangkat tanggal 21 juni  2023.

Turut hadir dalam pelepasan  jemaah haji Wakil. bupati Richi Aprian, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi, Dt Bungsu, Forkopimda, Bupati sisa masa jabatan periode 2029-2021 Zukdafri Darma beserta istri, Wakil bupati Periode 2010-2015 Masnefi, Kepala Kemenag Amril, kepala OPD, pimpinan Baznas, Pimpinan Bank  dan undangan lain, Kamis (15/06/2023) di Gazebo Indojolito Batusangkar. 

Dalam sambutannya kepala kementrian Agama Tanah Datar Amril menyampaikan pelaksann haji tahun ini diikuti sebanyak 336 Calon jemaah haji yang keberangkatannya jadi dua kloter. 

"Sebanyak 229 calon jemaah haji tergabung dalam kloter 12 berangkat hari ini sedangkan 37  calon jemaah haji tergabung dalam kloter 17 akan berangkag tanggal 21 juni besok, walaupun keberangkatan tidak sama namun lokasi tempat kumpul di Mekkah sama, " Sampainya

Lebih lanjut Amril menyampaikan bahwa calon jemaah haji termuda berusia 16 tahun nama Gita Rafiana dari kecamatan Rambatan sedangkan jemaah tertua berusia 88 berasal dari lintau buo utara. 

Sementara itu Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi, Dt Bungsu dalam sambutannya menyampaikan sebanyak sebanyak 336 Jamaah haji asal Kabupaten Tanah Datar sebentar lagi akan dilepas oleh pemerintah daerah yakni oleh Bapak Bupati dan wakil bupati.

"Pada tahun 2020 dan 2021 lebih kurang 2 tahun tidak ada memberangkatkan jamaah haji, pada tahun 2022 berangkatkan lebih kurang 150 orang jamaah haji asal Kabupaten Tanah Datar Alhamdulillah sekarang ini lebih kurang 336 yang berangkat tadi disampaikan kepada Bapak Kepala Kemenag bahwasanya ada yang tertua ada yang termudah mohon izin umur sampaikan kebetulan Ambo (saya-red) pun pulang dari haji  tahun 2007 saat itu umur saya baru 22 tahun, " Ujarnya. 

Menurut Rony Mulyadi Dt Bungsu kalau panggilan untuk menunaikan  ibadah haji sudah datang dengan tekad bulan hanya untuk melakukan ibadah. 

Di kesempatan tersebut Ketua DPRD tidak lupa menyampaikan, " Terimakasih apresiasi kepada panitia pelaksana yang sudah bekerja dalam mendampingi calon jemaah haji ke Mekkah, semoga segala jeri payah panitia akan dicatat Allah subhanahu wa ta'ala sebagai amal ibadah, baik dalam melakukan pengabdian kepada Kabupaten Tanah Datar, " ujarnya. 

Bupati Eka putra dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepada panitia yang sudah bekerja keras dalam mempersiapkan keberangkatan dalam menunaikan ibadah haji

"Mungkin kita telah mengetahui bahwasanya untuk pergi ke Mekkah dalam rangka menunaikan ibadah haji ini haruslah memenuhi berapa syarat haji di antara ada yang terpenting adalah kemampuan baik itu dari segi materi maupun kemampuan dari segi jasmani oleh karena itu para kesempatan yang berbahagia ini Bapak Ibu sangat beruntung yang terpilih dari sekian juta umat muslim di dunia diperkenankan oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk menunaikan ibadah dalam menunaikan rukun islam ke-5," Kata bupati. 

Bupati berharap kepada CJH untuk selalu dapat menjaga kesehatan dengan baik demi merampungkan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci baik yang termasuk rukun haji maupun maupun wajib haji yang dikerjakan dengan sebaik-baiknya sesuai syarat dan rukun yang ada. 

"kami pun berharap dan berdoa semoga bapak ibu tiba di sana dengan selamat dan hendaknya pula bisa menunaikan beberapa rangkaian rukun haji dengan penuh keyakinan ketaatan dan penyerahan diri dengan sebulat-bulatnya kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'alaa dan menjadi haji mabrur," tukas Bupati Eka Putra. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post