H. Alisar Even Pesona 1000 Baju Milik Nagari Padang Magek Even Spektakuler


Realitakini.com Tanah Datar                                 b -Tokoh perantau pengurus Ikatan Keluarga Padang Magek (IKPM) H. Alisar hadiri even Pesona 1000 Baju milik yang dibuka langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, Senin (19/06/2023) 

H. Alisar, saat diwawancarai media setelah acara pembukaan, sampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal, yang telah mengangkat kegiatan Pesona 1000 Baju Milik Padang Magek ini yang sangat spektakuler.

"Pesona 1000 Baju Milik Padang Magek yang pastinya akan mengangkat ekonomi kreatif, seni dan kebudayaan, dari anak Nagari yang semakin maju dan perlu dilestarikan," sampai H. Alisar. 

Sekali lagi H. Alisar ucapkan terimakasih kepada Wali Nagari Syafril Jamal, yang telah sukses melaksanakan event ini, dan menjadi pemersatu antara ranah dan rantau, serta selalu aktif dan semangat dalam mengayomi keluarga Padang Magek, baik di daerah maupun di rantau. 

Pesona 1000 Baju Milik Padang Magek kata H. Alisar, merupakan salah satu acara untuk meningkatkan ketertarikan generasi muda, untuk selalu melestarikan adat budaya Minangkabau, terkhusus Padang Magek. 

"Pesona 1000 Baju Milik Padang Magek dan Kambuik Bajaik, akan menjadi sejarah dan selalu di kenang sampai anak cucu, cicit kita nanti," ucapnya. 

H. Alisar tambahkan, bahwa baju milik Padang Magek yang kita banggakan, mempunyai makna dan arti yang begitu besar dan mendalam yaitu melambangkan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK), Sara Mangato atau adat memakai, serta juga adat nan indak lakang dek paneh dan dek lapuak dek hujan. 

"Sebagai anak nagari, harus selalu melekat di hati kita untuk mengingat hal penting dalam hidup yaitu agama. Buktikan kita sebagai anak Nagari mampu untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional, tentu kita harus teguh pada syariat Islam," pesan H. Alisar. 

Terakhir H. Alisar katakan, dengan adanya Progul Satu Nagari Satu Event, agar menjadi penyemangat bagi anak Nagari, agar semakin berkarya untuk memajukan ekonomi kreatif, kuliner, seni dan budaya masyarakat Tanah Datar, terutama Nagari Padang Magek. (**) 

Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post