Inovasi Yuhandi Wakili Sumbar di Lomba TTG Nasional, Bupati Pasaman Berikan Apresiasi




Realitakini.com -- Pasaman
Yuhandi warga Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman wakili Provinsi Sumatera Barat dalam Lomba  Teknologi Tepat Guna Nusantara ke XXIV di Lampung pada 1-11 Juni 2023.

Prestasi tersebut setelah inovasi TTG mesin oven pengering pinangnya raih juara 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan Wali Nagari Panti  Selatan, Didi Al Amin di dampingi Yuhandi pada media Realitakini.com , Jumat (2/6/2023).

"Alhamdulillah  TTG  mesin oven pengering pinang atas inovasi  Yuhandi wakili Provinsi Sumatera Barat dalam lomba TTG Nusantara ke XXIV di Lampung," ujarnya 

Didi juga menyebutkan atas prestasi tersebut Bupati Pasaman, H.Benny Utama mengapresiasi atas Inovasi tersebut dengan memesan 30 unit mesin oven pengering pinang untuk disebarkan ke nagari - nagari.

Didi juga menjelaskan mesin oven pengering pinang ini juga bisa digunakan untuk rempah lainnya dan juga kakao. Mesin pengering ini hanya berbahan oli bekas, dan dibuat menggunakan barang bekas di sekitar rumah. 

Menurutnya, dengan menggunakan mesin ini petani tidak perlu lagi bergantung pada cuaca untuk mengeringkan pinang dan kakao.

"Secara nasional kita sudah masuk 5 besar, dan di undangan oleh Kementerian Desa, Transmigrasi, dan Tertinggal (PDTT) Republik Indonesia utk mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTN) XXIV Tahun 2023 di  Lampung pada 6-10 Juni mendatang

Saya bersama, Bupati Pasaman, Inovator, dan Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat  akan menghadiri kegiatan tersebut, serta membawa alat open pengering serbaguna karya inovator Yuhandi untuk di tampilkan pada acara tersebut. Mohon doanya agar kita bisa memperoleh hasil terbaik di tingkat nasional," tutupnya.(Nurman)







Post a Comment

Previous Post Next Post