Kejurda Basket Tingkat Sumbar Resmi Dibuka

Realitakini.com- Kota 
Solok
Pemerintah Kota (Pemko) Solok selama ini sangat mendukung kegiatan olahraga dan kepemudaan, termasuk dalam hal penyelenggaraan berbagai event olahraga. Mudah-mudah Kejuaraan Daerah (Kejurda) Basket tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini mampu mendorong kemajuan olahraga di Kota Solok secara khususnya, dan Sumbar secara umumnya.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Walikota Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra saat membuka secara resmi Kejurda Basket tingkat Provinsi Sumbar Piala Walikota Solok, di Gedung Olahraga Tanjung Paku Kota Solok, Senin (10/7/2023).

“Komitmen Pemko Solok dalam memajukan kegiatan olahraga,tampak dari pengelolaan venue olahraga yang ada saat ini. Tidak hanya dari segi sarana olahraga, upaya lainnya yang dilakukan adalah pembina an terhadap para atlet oleh Pemko Solok di berbagai Cabang Olahraga (Cabor),” sebut Ramadhani Kirana Putra.

Kami di pemerintahan, imbuhnya, akan terus mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan olahraga seperti ini dan semoga dari sini lahir atlet basket bertalenta dan berprestasi.

Selain itu, pada kesempatan itu Wawako Solok juga menyampaikan permintaan maaf Walikota Solok, Zul Elfian Umar yang tidak bisa hadir dalam pembukaan Kejurda Basket tingkat Provinsi Sumbar tersebut, dikarenakan ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan.

Pada Kejurda Basket tingkat Provinsi Sumbar yang diselenggarakan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Solok itu, dalam rangka memperebutkan Piala Walikota Solok 2023, ada 22 tim basket dari berbagai kabupaten/kota di Sumbar akan bertanding, di Gedung Olahraga Kota Solok tersebut.

Turnamen basket itu akan berlangsung hingga 16 Juli 2023 mendatang. Adapun tim yang bertanding di ajang Piala Walikota Solok ini berasal dari berbagai klub dan utusan Perbasi oleh beberapa daerah di Sumbar.

Pada Kejurda Basket itu ada 3 kategori yang dipertandingkan, yaitu kelas putra umum, kelas putra usia di bawah 22 dan kelas putri usia di bawah 21. Rinciannya, untuk kategori umum ada 11 tim, untuk kategori putra U-22 ada 8 tim dan kategori putri ada 3 tim.

Sementara itu, Ketua Perbasi Kota Solok Hendra Saputra mengatakan bahwa Kejuaraan Basket tingkat provinsi ini terwujud berkat upaya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok.

“Acara kita kali ini dibiayai melalui anggara APBD, yang diusulkan oleh Dispora dan KONI. Semoga hal seperti ini bisa dipertahankan agar iklim olahraga di Sumbar bisa lebih maju lagi,” ucap Hendra Saputra.

Ia juga berharap, kedepannya olahraga basket Kota Solok bisa memberikan prestasi terbaik, karena menurut Ketua Perbasi Kota Solok tersebut sejauh ini Kota Solok rutin membina atlet-atlet muda.
“Hal ini juga dibuktikan dengan keunggulan tim basket putri Kota Solok yang dua kali juara di Porprov ,” tandasnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post