Dibuka Bupati Eka Putra, Inilah Semarak Nagari Tanjung Barulak Batipuh


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Semarak Tanjung Barulak menjadi event ke 17 yang dilaksanakan dalam mendukung Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event Tanah Datar Tahun 2023, Selasa (08/07/2023)  di lapangan sepak bola Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Batipuh.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Ketua DPRD Tanah Datar  Ronny Mulyadi Dt. Bungsu bersama istri, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat Batipuh bersama Forkopimca, Wali Nagari se Kecamatan Batipuh, KAN, BPRN, Bundo Kanduang dan undangan lainnya ditandai dengan pemukulan gandang tambua oleh Bupati, Ketua DPRD dan undangan

Dalam sambutannya Wali Nagari Tanjung Barulak Alva Enersi atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih dan selamat datang atas kehadiran Bupati Tanah Datar dan rombongan dan berikan Nagari tersebut untuk pelaksanaan program unggulan satu Nagari satu even. 

"Alhamdulillah, di tengah kesibukannya pak Bupati Eka Putra bersama rombongan hadir di acara kami ini, terima kasih pak,, engan adanya Progul ini, kami kembali menggali potensi adat dan budaya ataupun kekayaan kuliner tempo dulu untuk hadir dan diketahui masyarakat. Terima kasih pak Bupati," ujarnya. 

Elva juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras panitia pelaksana, jajaran Pemerintah Nagari, Pemerintah Kecamatan, tokoh masyarakat dan juga perantau serta rekan-rekan Wali Nagari lainnya. 

"Event Sumarak Tanjuang Barulak ini akan dilaksanakan pada 8 dan 9 Agustus diwarnai dengan Pawai Budaya, tari kolosal, tari piring, prosesi adat Baradat Manjapuik Anta Marapulai, tari Sakok, marhaban duduk, tari payung, salawat talam, tari lenggok gadih bakaranjang, randai, baju kuruang basiba dan beberapa pertunjukan tari lainnya. Tentunya tanpa dukungan kita semua kegiatan ini tidak terlaksana dengan baik, karena itu izinkan Saya ucapkan terima kasih," sampainya

Sementara itu perwakilan perantau asal Nagari Tanjung Barulak Yunansirhan mengungkapkan, ia bersama perantau lain yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia sangat mendukung pelaksanaan Event Sumarak Tanjuang Barulak.

"Kami perantau sangat mendukung pelaksanaan event ini, bahkan ada beberapa perantau yang pulang kampung untuk ikut serta menyaksikan langsung dan kami berharap kegiatan ini dapat bertahan dan menjadi agenda rutin di Nagari Tanjung Barulak, " katanya. 

Disampaikan Yunarsihan, kegiatan semarak Tanjung Barulak berjalan baik dan lancar, untuk itu kata Yunarsihan akan mengajak perantau untuk membantu perekonomian masyarakat di kampung halaman dengan menampung semua potensi yang ada untuk di pasarkan di kota Medan. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan Progul Satu Nagari Satu Event bertujuan untuk menggali dan melestarikan kembali kearifan lokal yang bisa diwariskan ke anak cucu nantinya. 

"Tanah Datar direncanakan akan melaksanakan 35 Progul Satu Nagari Satu Event Tahun 2023, dan event hari ini  menjadi pelaksanaan yang ke 17. Alhamdulillah, Saya apresiasi karena berjalan sukses," katanya. 

Menurut bupati Progul ini dimaksudkan untuk mendorong seluruh elemen masyarakat kembali melestarikan berbagai adat, budaya dan kuliner khas nagari, untuk disampaikan kepada masyarakat pengunjung dan diwariskan ke anak cucu. 

"Dinagari Tanjung Barulak ini banyak potensi adat, budaya dan kuliner. Seperti adat baralek, randai, baju basiba, pidato adat, kemudian kuliner ada katupek puluik, samba lado piriak, karucuik dan banyak lainnya, " ujar bupati

Lebih lanjut bupati mengatakan, kekayaan lokal seperti inilah yang ingin kita tampilkan dan diharapkan pelaksanaan event turut mendorong aktif sanggar-sanggar seni, klub olahraga, pelaku UMKM dan meningkatnya kunjungan wisatawan sehingga bisa berdampak peningkatan roda perekonomian masyarakat setempat. 

"Atas nama pemerintah daerah saya apresiasi atas kerja keras panitia pelaksana bersama Pemerintah Nagari dan dukungan masyarakat serta perantau sehingga pelaksanaan Progul Satu Nagari Satu Event di Nagari Tanjung Barulak dapat terlaksana dengan baik dan sukses dan Terima kasih atas dukungan semuanya," pungkas Bupati Eka Putra. 

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gandang Tambua oleh Bupati, Ketua DPRD dan undangan (**) 

Mailis 

Post a Comment

Previous Post Next Post