Hadiri Musnag Nagari Tabek Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano Sampaikan Poin Strategis

Realitakini.com Tanah Datar
                                   -
Badan Perwakilan Rakyat Nagari (BPRN) Nagari Tabek kecamatan Pariangan gelar Musyawarah Nagari (Musnag), Rabu (09/08/2023) di Balerong Sari Nagari Tabek.
 
Turut hadir dalam Musyawarah Nagari tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumbar Arkadius Dt Intan Bano, Tim Musnag kabupaten, OPD, Forkopimca, Camat, Walinagari, Ketua Tabueh Larangan Zuldafri Darma, Ketua BPRN, Ketua KAN, Tokoh adat, alim ulama, cerdik pandai, bundo kanduang, tokoh pemuda dan undangan lainnya. 

Dalam sambutnnya saat membuka Musyawarah Nagari Ketua BPRN Drs Mushardi, MM mengatakan tujuan Musyawarah Nagari adalah untuk mendapatkan kesepakatan yang akan menjadi acuan dalam mengusulkan yang menjadi prioritas masyarakat dalam Musyawarah Rencana pembangunan (Musrenbang) kecamatan. 

"Musyawarah Nagari merupahkan agenda rutin tahunan dalam rangka untuk menyusun rencana kerja pemerintah nagari dalam mendapatkan kesepakatan apa yang menjadi skala perioritas atau yang akan menjadi kebutuhan masyarakat Nagari dan keputusan tersebut akan menjadi acuan Nagari untuk musrenbang kecamatan," ujarnya.

Sementara itu Wali Nagari Tabek Risfel Bustami Noerdin dalam sambutannya menyampaikan Musyawarah Nagari dilaksanakan dalam rangka Penyusunan RKP Tahun 2023 ini untuk kegiatan atau Rencana pemerintahan Nagari untuk tahun 2024.

"Musyawarah Nagari yang dilaksanakan setiap Nagari berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan kita, misalnya antara kebutuhan batu basa dengan kebutuhan nagari tabek berbeda dengan sawa tangah karena varian kita berbeda di dalam baik dalam kondisi alamnya maupun secara kultural maka dari itu Mari kita tunjukkan ya di dalam musyawarah Nagari ini untuk yang menjadi skala prioritas, " katanya. 

Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat Arkadius Dt Intan Bano dalam sambutannya menyampaikan musyawarah Nagari merupakan suatu kegiatan yang sangat strategis dalam rangka menyiapkan rencana kerja pemerintah atau juga orang mengartikan rencana kerja pembangunan untuk tahun 2024 dan juga menyusun daftar usulan rencana kerja pembangunan atau rencana kerja pemerintah tahun 2025.

"Program-program strategis  bukan merupakan keinginan dari kita, dari lembaga dan dari organisasi, Tapi tentu kebutuhan yang diperlukan oleh nagari Tabek untuk tahun 2024 maupun untuk tahun 2025, untuk itu pada kesempatan ini izinkan saya untuk menyampaikan program-program strategis provinsi bisa diberikan ke Nagari," ujarnya. 

Lebih lanjut Arkadius Dt Intan Bano Mengatakan ada 4 poin utama pertama berkaitan infrastruktur yang bisa langsung melalui bantuan bersifat khusus atau BK BK dari Kabupaten dan bantuan keuangan bersifat khusus dari provinsi ke Kabupaten dan diserahkan ke Nagari, tapi menurut Dt Intan Bano Bantuan bersifat Khusus langsung pertama itu adalah pembangunan dan rehabilitasi Jalan lingkungan kegiatan  berada di dinas Perumahan pemukiman dan pertanahan. 

"Yang menjadi sarana prasarana produksi  apakah itu alsintan apakah itu kultivator mesin potong rumput kemudian hair dryer begitu juga mesin pencacah jerami mesin pengolah kompos mesin pengupil jagung dan lain-lain tak masuk juga bilang gitu kan dah mau cabe ya mau bawang ya jahe dan lain Silahkan Kemudian untuk ada sektor peternakan seperti kambing ayam dan puyuh," tukas  Arkadius Dt Intan Bano Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Demokrat. 

Sebelumnya ada sambutan dari ketua Tim IV musyawarah Nagari Kabupaten Edwar, Dan sambutan dari ketua Tabuah Larangan Zuldafri Darma. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post