Terima Kasih TNI, TMMD Wujud Nyata Perhatian Pemerintah Kepada Masyarakat Desa"

Realitakini.com-"OKU 
Selamatan bersama, itulah ungkapan suka cita, bahagia dan terima kasih seluruh Warga Desa Karang Endah Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU. Acara syukuran sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Anggota Satgas TMMD Ke 117 Kodim 0403/ OKU, yang telah sukses melakukan sejumlah pembangu nan di desanya.

‘’Syukuran tersebut dalam rangka ucapan terimakasih masyarakat Desa Karang Endah kepada Satgas TMMD Kodim 0403/OKU yang selama ini telah membangun Desa Karang Endah dalam Program TMMD ke 117 yang berupa sasaran fisik maupun non-fisik, baik pembuatan jalan, pembuatan MCK, Sumur Bor, dan lain-lainnya. Tak kalah yang paling kami rasakan adalah terjalinnya kebersamaan antara aparat TNI dan masyarakat yang terjadi selama kegiatan TMMD ini,’’ ungkap Eman Subari, Kepala Dusun dengan wajah suka cita dan bahagia. 

Eman Subari menyatakan syukuran yang diselenggarakan oleh masyarakat Karang Endah tersebut sebagai "Wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ucapan terimakasih kepada Anggota Satgas TMMD Ke 117 Kodim 0403/OKU yang selama ini sudah membangun desa kami desa Karang Endah baik pembangunan fisik maupun non fisik yang sudah kelihatan hasilnya," tambahnya. 

Robert, salah satu masyarakat yang turut bersama merayakan syukuran mengatakan dirinya bersama keluarga dan warga Desa Karang Endah merasakan manfaat dari seluruh kegiatan TMMD yang dilaksanakan TNI ini. "Saya selaku masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan TMMD TNI ini. Kami merasakan betul manfaat nya. Kebersamaan anggota dan aparat TNI sangat terasa bagi kami selama kegiatan TMMD ini berlangsung. Terima kasih Pak TNI, Terima kasih pemerintah," ujarnya. 

Sementara itu, Camat Lengkiti Dra. Karolina Ahmad menyata kan hal yang sama. "Atas nama pribadi dan masyarakat kami sangat berterima kasih atas Program TMMD di wilayah kami. Kami sangat ter bantu dengan pembangunan jalan tambahan sepanjang lima kilometer. Masyarakat yang biasanya meng gunakan motor untuk alat angkutan sekarang sudah bisa menggunakan mobil atau kendaraan roda empat untuk membawa hasil panen. Harapan kami, ke depan mudah mudahan tahun depan wilayah kami mendapatkan lagi Program TMMD ini," ujar Karolina dengan wajah penuh harapan. 

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah tak kalah berharap hal yang sama. Menurutnya, "Program serta kegiatan TMMD ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan berharap berkembang secara dinamis nantinya. Kerja sama TNI bersama pemerintah daerah sinergitas, dan koordinasi yang baik menjadi kunci kesuksesan program TMMD ke-117," ungkap Teddy pada saat pembukaan TMMD ke-117. Teddy Meilwansyah mengata kan TMMD ke-117 tahun 2023 di wilayah Kodim 0403/OKU yang sedang dilaksanakan ini guna mempermudah aktivitas pertanian dan perekonomian di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU. 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu implementasi dari tugas operasi militer selain perang yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Selain itu, TMMD juga membantu pemerintah di daerah dalam percepatan pembangunan yang dilaksanakan melalui kegiatan gotong royong bersama masyarakat. 

Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0403/OKU, Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine mengatakan ke giatan TMMD ke-117 yang dikerja kan pihaknya sebagai terobosan membantu pemerintah daerah untuk mensejahterakan rakyat yang bersifat fisik maupun nonfisik, serta guna terciptanyakemanunggala n TNI- rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat, kondisi yang tangguh. Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine yang juga sebagai Komandan Kodim 0403/OKU berharap agar program yang dilaksana kan tersebut dapat memberi manfaat untuk warga sekitar, terutama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kemajuan wilayah Kabupaten OKU. 

Kapten Antoni juga menyampaikan permohonan maaf kepada Masyarakat Desa Karang Endah, apabila selama bergaul dalam kegiatan TMMD ini terdapat perilaku dan tutur kata anggota satgas TMMD yang kurang sopan dan menyinggung perasaan masyarakat. “Saya mohon maaf apabila ada tutur kata yang tidak pantas dan kurang sopan selama pelaksanaan TMMD,” katanya. 

TMMD merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah yang bertujuan sebagai upaya percepat an terobosan pembangunan di daerah pedesaan, serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Imbas Positif dari Program TMMD ke-117 tahun 2023 di wilayah Kodim 0403/OKU, Sasaran Fisik: Adapun yang menjadi sasaran pembangunan fisik dalam TMMD ke-117 Kodim 0403/OKU ini meliputi pembuatan badan Jalan ukuran 5000 meter x 8 meter. Dan Sasaran Non Fisik: Selain pembangunan pada segi fisik, TMMD ke-117 Kodim 0403/OKU ini juga meliputi sasaran nonfisik berupa Pembuatan Sumur Bor Pembuatan MCK dan penampung an air, Penyuluhan, seperti penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, stunting, hukum dan Kamtibmas, KB Kesehatan, Posyandu dan Posbindu PTM. 

Sementara itu, Danrem 044/ Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, S.I.P., M. SI., M. Tr (Han) menyata kan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan aparat pemerintahan yang sudah bahu membahu membantu sehingga seluruh Program TMMD ke 117 ini terlaksana dengan baik mulai dari pembukaan sampai penutu pan. "Terima kasih kepada masyarakat yang sudah bahu membahu mem bantu aparat TNI dalam melaksanakan Program TMMD ke 117 ini. 

Harapan kami agar apa yang sudah dibangun ini dipelihara dan dirawat dengan baik. Seperti pem bangunan jalan ini. Setelah dibangun, kita berharap seluruh elemen masyarakat menjaga dan merawat nya. Hasil TMMD dapat dipelihara sehingga ke manfaatan nya dapat berlanjut ke depan. Sehingga kita dapat merasakan kelanjutannya. Ini jadi bahan pemeliharaan masyarakat karena banyak sekali man faatnya untuk transportasi pertanian dan perekonomian. Semoga ke depan dengan bantuan pemerintah setempat jalan ini bisa ditingkat kan dengan diaspal. Sehingga kemanfaatannya pun jadi lebih banyak," ujar Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSI M.Tr (Han). ()Waty -TRK)

Post a Comment

Previous Post Next Post