Ditandai Pemasangan Pita Oleh Kapolres, Ops Zebra Singgalang 2023 Tanah Datar Di Mulai Hari Ini


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Kepala Polisi Resort (Kapolres) Tanah Datar  AKBP Derry Indra, S.I.K.pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2023 Polres Tanah Datar, Senin (04/09/2023) di Lapangan Apel Polres setempat. 

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2023 diawali dengan pemasangan pita oleh pemimpin apel kepada masing-masing perwakilan dari Personil TNI, Polri, Sat PolPP dan Dinas Perhubungan Tanah Datar sebagai tanda dimulainya operasi.

Kapolres Tanah Datar  AKBP Derry Indra, S.I.K. dalam arahannya menyampaikan bahwa, Operasi Zebra Singgalang 2023 akan dilaksanakan selama 14 Hari kedepan mulai tanggal 4 September sampai 17 September 2023 dengan mengusung tema Kamseltibcar Lantas yang kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

Menurut kapolres Operasi (Ops) Zebra Singgalang 2023 adalah ops Harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum lantas secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Adapun sasaran prioritas pelanggaran yang diutamakan dalam Operasi Zebra Singgalang 2023 yaitu, menggunakan handphone saat berkendara, Pengemudi atau pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi tidak gunakan Safety Belt, Pengemudi atau pengendara dalam pengaruh alkohol, Pengemudi atau pengendara melawan arus lalulintas, Pengemudi atau pengendara melebihi batas kecepatan berkendara”, Ujar Kapolres.

Dalam penanganan ke tujuh jenis pelanggaran tersebut, lakukan secara persuasif, humanis dengan memberikan tindakan teguran simpatik, dan atau tilang konvensional kepada pelanggar.

“Selain tindakan teguran simpatik dan tilang konvensional, juga laksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif dan simultan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang disiplin dalam berlalu lintas sehingga tercipta masyarakat yang patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cermin moralitas bangsa”, Jelas Kapolres.

Operasi Zebra Singgalang 2023 ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas pada ruas jalan Blackspot, Trouble Spot serta dapat meminimalisir Fatalitas Korban Laka Lantas.

“Kepada seluruh petugas, agar dalam pelaksanaan tugas di lapangan selalu mengutamakan faktor keamanan dan Keselamatan diri dengan tetap berpedoman pada SOP. Hindari tindakan yang menjadi pemicu ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri khususnya lalu lintas, lakukan tugas Operasi Kepolisian secara Profesional, Prosedural dan Terbuka dengan cara Persuasif Humanis”, Pesan Kapolres.

Turut hadir dalam Apel Geler Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2023 ini jajaran Forkopimda atau yang diwakili serta Pasukan Apel dari Satuan Kodim0307/TD, Sat Pol PP, Dishub serta Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post