Event Rang Solok Baralek Gadang Sukses Dan Ditutup

Realitakini.com- Kota Solok
Penyelenggaraan Kharisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang yang dimulai sejak 16 September 2023, Senin (18/09/2023), di Hamparan Sawah Solok resmi ditutup. Penutupan Event Rang Solok Balalek Gadang 2023 tersebut dihadiri dan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy. 

Tampak hadir Walikota Solok Zul Elfian Umar, Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra, Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Harnelli Mahyeldi, Anggota DPRD Sumbar, Ketua DPRD Kota Solok, Forkopimda, Sekda Kota Solok, Anggota DPRD Kota Solok dan tamu undangan lainnya.

Prosesi penutupan diawali dengan "Bakaua Tulak Bala Padi Tabik", yang diikuti sebanyak 1.900 peserta dari empat penjuru.Wagub Sumbar Audy Joinaldy dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf, dan Pemko Solok yang telah menggelar kegiatan Rang Solok Balalek Gadang 2023.

Dikatakannya, Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu dari 4 KEN yang ada di Sumbar. Kota Solok identik dengan Sawah Soloknya dan satu-satunya KEN di Indonesia yang diadakan di tengah sawah, hanya di Kota Solok. KEN ini memang menonjolkan identik dari daerah masing-masing.

"Event ini menggerakkan perekonomian secara langsung. Untuk itu, harus kita dorong bersama-sama apalagi saat ini bersamaan dengan agenda Visit Sumatera Barat 2023. Kita sangat apresiasi Walikota dan Wawako Solok karena ekonomi bertumbuh, dan kota kita semakin dikenal daerah lain. Ini berkat kekompakan, jika kepala daerah kompak akan banyak program yang bisa dibawa ke Kota Solok," katanya.

Saat ini, imbuhnya, Kota Solok merupakan daerah tertinggi Universal Health Coverage di Sumbar. Pertumbuhan ekonomi baik, angka kemiskinan dan stunting terendah

"Kedepan, Pemprov Sumbar juga menyediakan dana untuk mengembangkan pariwisata di daerah. Untuk itu, Kepala Dinas Pariwisata harus aktif menjemput bola. Selamat karena telah sukses menggelar Rang Solok Balalek Gadang, semoga kedepan makin sukses lagi dan kita dipertemukan di 2024," harapnya.

Sementara itu, Walikota Solok Zul Elfian Umar mengatakan, berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan dukungan kita bersama, alhamdulillah Event Rang Solok Baralek Gadang berjalan dengan baik dari awal sampai akhir.

"Kebersamaan dan dukungan inilah yang menjadi kekuatan kita. Pemko Solok tidak akan dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dari seluruh pihak. Kedepan, kita semua akan saling mendukung tidak hanya dalam event ini saja namun terkait pembangunan dan kemasyarakatan," ucap Zul Elfian Umar.

Walikota Solok juga mengajak seluruh pihak mewujudkan Kota Solok Berjuara (Berkah, Maju dan Sejahtera). Sedikit demi sedikit dan secara berangsur Kota Solok telah berlari mengejar ketertinggalan dari daerah lain. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Banda Panduang dan Stadion Marahadin sedang dikebut, dan insyaa Allah akan diresmikan Tahun 2024.

"Semoga tahun depan Rang Solok Balalek Gadang kembali dipercaya masuk dalam KEN. Kita akan terus melakukan evaluasi dan menyiapkan yang terbaik dimasa mendatang," pungkasnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post