Hadiri Sarasehan, Bupati Pasaman Sebut Penyuluh Memiliki Peran Strategis Dalam Pembangunan Pertanian



Realitakini.com -- Pasaman

Sektor pertanian salah satu mata pencaharian utama masyarakat Kabupaten Pasaman. Maka keberadaan penyuluh pertanian memiliki peran strategis dalam pembangunan sektor pertanian yang ada di Pasaman. 

Untuk meningkatkan kesejahteraan petani tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman menggelar temu teknis dan sarasehan penyuluh bersama petani milenial.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Pasaman, H.Benny Utama Kari Ibrahim turut didampingi Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Yasri Uripsyah dan  Kadis Pertanian Prasetyo di Aula lantai III Kantor Bupati.Pasaman Senin (25/09/2023).

Bupati Pasaman mengapresiasi penyelenggaraan sarasehan tersebut,  dan hal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan hasil pertanian di daerah ini.

Lanjut Benny Utama, berbagai permasalahan di lapangan terutama terhadap para petani memang terus ada,  salah satunya kesediaan pupuk yang terbatas.

"Untuk itu pemerintah daerah terus mencoba berbagai langkah strategis, salah satunya dengan melakukan pengawasan terhadap pendistribusian pupuk,  dimana nantinya kesediaan pupuk ini bisa terpenuhi oleh para petani,"ujarnya.

Selanjutnya Benny Utama menyebutkan, lebih 80 persen dari penduduk Pasaman mata pencariannya  pada sektor pertanian,  dalam hal ini peran penyuluh sangat penting dan strategis dalam memberikan pemahaman tentang bertani yang baik terhadap masyarakat.

Kita berharap,  terkhusus bagi yang muda - muda  kiranya bisa menjadikan pertanian sebagai mata pencarian yang bisa menjanjikan,  dibandingkan dengan bekerja di pemerintahan yang hanya sebagai tenaga kontrak yang gajinya tak seberapa dibandingkan dengan menjadi petani yang terampil dan sukses, pungkas Benny Utama.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Prasetyo   menyampaikan, peserta dalam sarasehan tersebut diikuti 153 orang yang terdiri dari petugas penyuluh pertanian, kelompok tani, kontak tani nelayan andalan dan petani mileneal.

Saresehan yang diselenggarakan tersebut merupakan wadah untuk menyampaikan aspirasi para penyuluh terhadap pimpinan, dan dengan adanya kegiatan ini nantinya akan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan," tutupnya. (Nurman)



Post a Comment

Previous Post Next Post