Rangkaian Pembukaan Rang Solok Baralek Gadang 2023 Berlangsung Semarak

Realitakini.com- Kota Solok
Rangkaian Pembukaan Rang Solok Baralek Gadang Tahun 2023 berlangsung semarak, dimana pembukaan diawali dengan pergelaran Pawai Budaya khas Kota Solok. Selain itu, Pawai Budaya tersebut juga diikuti oleh sejumlah daerah di Indonesia dan luar negeri seperti Malaysia dan lainnya.

Arak-arakan peserta Pawai Budaya melintasi kawasan Simpang Surya, Taman Syech Kukut dan finis di panggung utama, Sawah Solok. Selain menampilkan berbagai prosesi budaya lokal, Pergelaran Pawai Budaya juga diikuti oleh kesenian Kuda Kepang dari Paguyuban Perantau Jawa. 

Pergelaran Pawai Budaya yang berlangsung itu menjadi hiburan bagi ribuan masyarakat Kota Solok dan sekitarnya. 

Pada kesempatan itu, Walikota Solok Zul Elfian Umar menyebutkan bahwa Kota Solok mendapat rahmat besar dari Allah SWT, berupa tanah yang subur dan alam nan indah. Dari tanah-tanah itu, kemudian mengeluarkan beras yang sudah sangat terkenal, Beras Solok yang sudah mendapat pengakuan.

“Sawah Solok tidak hanya hamparan yang membuahkan beras yang lezat, tapi juga menjadi potensi pariwisata yang akan mengangkat Kota Solok. Dari Sawah Solok, lahir event Rang Solok Baralek Gadang yang masuk kalender kementrian,” kata Zul Elfian Umar.

Kadis Pariwisata Sumbar Luhur Budianda mengakui, Rang Solok Balalek Gadang merupakan event yang dirancang khusus promosi kepariwisataan Kota Solok, dimana sudah dikemas dengan menarik dan telah dikurasi Kemenparekraf.

“Tentunya event ini menarik, sehingga bisa masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN) 2023. Rang Solok Balalek Gadang merupakan bukti baiknya sinergi pusat, provinsi, kota serta stakeholder dalam membangun kepariwisataan,” ucapnya.

Rang Solok Balalek Gadang juga mendukung dalam mewujudkan Visit West Sumatra 2023. Dimana program ini menjadi upaya Sumbar dalam mendongkrak kunjungan wisata ke Sumbar, sehingga mampu memompa perekonomian.

Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Oni Yulfian menyampaikan pada kesempatan itu selamat terhadap Kota Solok yang berhasil masuk KEN dua tahun berturut-turut.

"Kota Solok punya potensi untuk pengembangan pariwisata dengan keindahan alam dan kesuburan tanahnya. Komposisi itu menciptakan agrowisata. Selain beras, juga ada bunga Krisan. Ini kekuatan untuk mendorong perekonomian,” paparnya.

Menurutnya, Rang Solok Balalek Gadang punya keunikan. Selain tampil dengan seni tradisi dan budaya lokal, Rang Solok Balalek Gadang menjadi event satu-satunya yang dilaksanakan di sawah. Event ini menjadi bagian dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Dengan strategi, inovasi, adaptasi dan kolaborasi, menjadi modal bagi daerah untuk memperkuat citra pariwisata dan berdampak pada perekonomian masyarakat, daerah dan negara,” tutupnya.

Pembukaan Event Rang Solok Balalek Gadang juga dihadiri oleh Walikota Bukittinggi Erman Safar, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Ketua DPRD Kota Solok beserta wakilnya, Dandim 0309 Solok, Kajari Solok, Wakapolres Solok Kota, Pimpinan Bank Nagari Cabang Solok Albert Junaidi dan undangan lainnya.

Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang ditandai dengan penaburan pupuk ke Sawah Solok, Kemudian diakhiri dengan Makan Baronjin di Hamparan Sawah Solok. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post