Pertama Di Sumbar Green House SMKN 2 Batusangkar Miliki Peluang Bisnis



Realitakini.com Tanah Datar                                     -Dari Sembilan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang ada di Sumatra Barat yang memiliki jurusan bidang pertanian, Baru SMKN 2 Batusangkar yang memiliki green House. 

Hal tersebut disampaikan kepala sekolah (Kepsek) SMKN 2 Batusangkar Budi Darmawan saat bincang bincang dengan awak media, Rabu (25/10/2023) di ruangan sekolah tersebut. 

"Ada 9 sekolah yang buka jurusan pertanian, tapi yang memiliki green House baru SMK 2 Batusangkar, green House merupakan sistem pertanian dengan wadah air bukan tanah dan saat ini ada tiga jenis tanaman yang kita kerjakan yaitu Melon, Daun mint dan Sayuran pak coy, " katanya

Menurut Budi Darmawan keuntungan dari penanaman sistim green House tanaman hidroponik adalah bisa mengendalikan iklim dengan pemanas optimal dan rasa panas  bisa menghasilkan hasil pertanian akan mengalami percepatan dalam pertumbuhannya, dan itu bisa menghemat biaya. 

"Green house memiliki sistim Pelindungannya  terbuat dari plastik namanya umi yang mempunyai tingkat kepanasan 43 derjat celacius yang dirancang untuk melindungi tanaman dari serangan hama ulat, ataupun kumbang ataupun lebah karena tempat itu steril dan yang masuk ke green House adalah orang yang sudah ditunjuk untuk melakukan pengolahan dan perawatan, " ujarnya. 

Lebih lanjut sampai Budi, pekerja pengolahan green House adalah siswa SMKN 2 Batusangkar dan guru yang sudah mengikuti pelatihan di Solo yang setiap enam bulan siswa SMKN 2 tersebut akan dikirim untuk mengikuti pelatihan sistim pertanian di The Farmhill. 

"Dengan memiliki green House hasil pertanian memiliki nilai jual tinggi dibandingkan dengan tanaman yang menggunakan media tanah karena rasa yang dihasilkan dari tanaman hidroponik Green House lebih manis dari tanaman atau buah yang di tanam di tanah apalgi hasilnya bersih dari bahan kimia karena menggunakan air sebagai media tanam disamping juga menggunakan pupuk organik, " ucapnya. 

Lebih lanjut menurut Budi Darmawan mengatakan saat ini  tanaman water Melon sudah berbuah dengan masa tanam dua bulan sampai panen untuk itu ia berharap nantinya program green House di SMKN 2 Batusangkar bisa menjadi salah satu Destinasi pendidikan wisata pertanian untuk Tanah Datar sehingga menarik investor untuk mengembangkan green House. 

"Insya allah di bulan Desember depan kita akan melaksanakan panen raya Water Melon semoga dengan hasil dari green House bisa, memacu pengembangan sistim pertanian dengan wadah air sehingga tidak perlu memiliki lahan luas untuk mendapatkan hasil sekitar dua ton buah ataupun sayur organik, " pungkas Budi Darmawan. (**) Reporter : Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post