Hadiri HUT TNI, Suwirpen Berharap Stabilitas Sosial Terjaga Di Tahun Politik

Realitakini.com- Sumbar 
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Suwirpen Suib mengharapkan situasi kondusif tetap terjaga dalam suasana pemilihan umum (pemilu). Dia berharap Tentara Nasional Indonesia (TNI) berperan aktif dalam menjaga stabilitas sosial terkait pesta demokrasi lima tahunan yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang.

Harapan itu disampaikan Suwirpen Suib saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78 yang dilangsungkan di kawasan Danau Cimpago Pantai Padang, Kamis (5/10/2023). Dia menyampaikan apresiasi kepada TNI yang dinilai berhasil mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada TNI yang telah berhasil dan terus bekerja keras meng awal keutuhan dan kedaulatan NKRI, semoga dalam pesta demokrasi lima tahunan yaitu Pemilu yang akan dilaksanakan pada 2024 TNI juga berperan aktif dalam menjaga stabilitas sosial untuk  selenggara nya Pemilu yang berkualitas," kata Suwirpen.

Dia berharap, TNI dalam posisinya sebagai institusi pertahanan negara mampu mewujudkan diri sebagai lembaga pengawal demokrasi dengan menjaga netralitas dalam Pemilu. Hal itu sesuai dengan tema peringatan HUT TNI tahun ini yaitu TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

"Ini harapan kita semua kepada TNI, agar tetap menjaga netralitas, meningkatkan kinerja dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dengan mengawal pesta demokrasi agar berjalan dengan lancar, tenteram dan damai," lanjut Suwirpen.

HUT TNI ke-78 di Kawasan Pantai Cimpago Pantai Padang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Hadir seluruh unsur pimpinan TNI dari seluruh kesatuan serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda) tingkat Provinsi Sumatera Barat. Pemimpin Upacara peringatan HUT TNI kali ini adalah Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut II (Dan Lantamal II) Teluk Bayur Laksmana Pertama Benny Febri.

Membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Yudho Margono, Benny Febri menyampaikan TNI harus siap menghadapi tantangan berat, setelah beberapa waktu lalu Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Saat ini, Indonesia, demikian juga negara-negara lain di dunia sedang berusaha bangkit memulihkan diri dari berbagai krisis yang diakibatkan pandemi tersebut, baik ekonomi maupun geopolitik.

"Untuk itu, melalui peringatan HUT TNI ke-78 ini, harus dijadikan sebagai momentum introspeksi demi terwujud TNI yang tangguh dan profesional," kata Benny.

Tema yang diangkat dalam momentum HUT TNI ke-78, lanjutnya, adalah sebagai wujud bahwa TNI sebagai institusi pertahanan negara berkomitmen untuk meningkatkan sinergitas dengan seluruh komponen dalam mengawal demokrasi untuk Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri dan sejahtera. Pemilihan umum merupakan proses demokrasi yang akan menentukan nasib bangsa selanjutnya, yang mesti dikawal dengan baik.  (RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post