Walikota Solok Hadiri Pembukaan Roadshow Bus KPK

Realitakini.com- Padang 
Walikota Solok Zul Elfian Umar menghadiri kegiatan pembukaan Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sekaligus Penguatan Integritas Kepada Penyelenggara Negara, di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (12/10/2023).

Roadshow Bus KPK Tahun 2023 ini mengangkat tema "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi". Hadir langsung, Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi, Dr. Ir. Wawan Wardiana, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Amir Arief, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Forkopimda Sumbar, Sekdaprov Sumbar Hansastri, Kepala OPD Sumbar, Inspektur Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi, Dr. Ir. Wawan Wardiana, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar yang sudah menyiapkan, serta berkolaborasi dengan KPK dalam melaksanakan Roadshow Bus KPK.

"Kegiatan ini telah dilaksanakan mulai dari Tanggal 6 sampai 15 Oktober 2023. Dalam perjalanan dari Kota Pekanbaru ke Kota Padang, selalu ramai hampir sebanyak 2 ribu sampai 3 ribu orang. Dan selama di Kota Padang ini diperkirakan mencapai 10 ribu orang yang mendatangi Bus KPK ini," ungkap Wawan Wardiana.

Dikatakannya, kegiatan ini bukan hanya kegiatan KPK saja, namun kegiatan kita bersama dalam rangka mengantisipasi korupsi. Semoga antikorupsi dapat menjadi budaya di masyarakat kita.

"KPK saat ini bekerja dengan tiga pendekatan, yakni pendekatan penindakan, pendekatan pencegahan dan pendekatan pendidikan. Roadshow Bus KPK ini merupakan pendekatan pendidikan agar masyarakat tidak lagi melakukan praktek-praktek korupsi," terangnya.

Bus ini mungkin hanya seminggu di Kota Padang, imbuhnya, namun diharapkan dapat menyebarkan nilai-nilai yang membumi di Sumatera Barat, yakni membumikan isu-isu pemberantasan korupsi melalui pen cegahan dan pendidikan.

Wawan juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumbar yang berniat, dan akan mereplikasi Bus KPK untuk ada juga di Provinsi Sumbar. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post