Dosen Pendidikan Biologi FKIP Unja Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMAN 1 Tanjabbar

Bawaslu Tanjabbar Gelar Sosialisasi Partisipasi Pemilih Pemula Pemilu 2024 (poto-put)
Realitakini.com, Tanjabbar 
Dosen Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi (Jambi), melaksanakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Filmora, di SMAN 1 Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat,  guna untuk me ningkat kan kompetensi Guru dalam menyiapkan pembelajrannya di bidang pengajaran Biologi  ber sama  Mgmp Biologi Kabupaten Tanjabbar. 

Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 11-12 November 2023.Pengabdi an terhadap masyarakat ini diketuai oleh, Retni S Budiarti, S.Pd., M.Si. beserta anggota tim Pengabdi an yaitu Ibu Dra. Harlis, M.Si, Dr. Agus Subagyo, M.Si, Dra. Muswita, M.Si, dan Dr. Mia Aina, S.Pd.

Retni S Budiarti, S.Pd., M.Si, selaku ketua kelompok mengatakan, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini iuntuk melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi bagi dosen Pendidikan Biologi FKIP Unja, dalam memberikan peran dosen di kalangan masyarakat pengguna.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun dengan memperhatikan kebutuhan dari para pengguna pendidikan . Dalam hal ini adalah guru-guru yang sudah harus belajar teknologi. Hal ini penting karena tuntutan masyarakat global di era 4.i," ucapnya.

"Alhamdulillah, pada tahun 2023 ini, proposal kami lolos pada skim Dana Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan yang didanai oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unja," sambungya. 

Dikatakannya, berbagai alasan kenapa terpilihnya sekolah tersebut sebagai tempat melaksanakan kegiatan adalah terlihat dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan, bahwa para guru sangat antusias untuk menambah pengetahuan yang berkaitan Aplikasi Filmora.

"Hal ini berguna untuk mengetahui secara mendalam bagaimana membuat media elektrik dengan me nngunakan suatu aplikasi yang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan secara cepat., Salah satu nya  yang dijadikan sebagai alat membuat media pembelajaran video pembelajaran adalah aplikasi yang mudah di dounlowd di hp yaitu Aplikasi  Filmora.  Kurangnya  pemahaman tentang  cara mem buat video pemebelajaran bukan menjadi alasan mereka tidak mau mencoba, lewat kegiatan ini para guru dimotivasi untuk  menggunakan aplikasi tersebut melalui pengeditannya serta penyelesaiannya," sebutnya.

"Tim Pengabdian dengan senang hati melakukan program pelatihan dan pendampingan dengan meng gunakan aplikasi Filmora. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pengajaran dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MGMP Biologi Tanjabbar," pungkasnya. (put)

Post a Comment

Previous Post Next Post