Luar Biasa, Ribuan Pengunjung Saksikan Festival Pesona Budaya Singgahan Alang Nagari Singgalang

Realitakini.com Tanah Datar
                                   -
Dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM inilah semaraknya Festival Pesona Budaya Singgahan Alang Nagari Singgalang kecamatan X Koto dalam program Satu Nagari Satu Even yang di hadiri oleh para petinggi dan di padati ribuan pengunjung yang antusias menyaksikan perhelatan alek nagari tersebut, Sabtu (18/11/2023). 

Diawali dengan arakan Seribu Lobak Singgalang yang menjadi ikonik nagari tersebut, Festival Pesona Budaya Singgahan Alang akan digelar selama dua hari mulai dari tanggal 18 - 19 November 2023 tersebut bertempat di kawasan puncak Gunung Singgalang tepatnya di Jorong Sikadunduang.

Turut hadir dalam kegiatan Festival tersebut Anggota DPRI, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt Bungsu, beserta Istri, Anggota DPRD Tanah Datar Sekaligus Putra Asli Nagari Singgalang Afrizal Dt Rajo Lenggang, juga ada Anggota DPRD Tanah Datar Dedi Irawan, Nova Hendra, dan Benny Remon, Forkopimda, Kepala OPD, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny Lise Eka Putra, Ketua TP-PKK Dharmasraya sekaligus Putri asli Nagari tersebut Ny Dewi Sutan Rizka Tuanku Kerajaan, Forkopimca, Camat X Koto Mukhlis beserta Istri, Wali nagari se kecamatan X koto, Tokoh perantau, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai serta undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Walinagari Singgalang Seri  Mesra Dt Pangulu Basa menyampaikan ucapan Terima kasih kepada pemerintah kabupaten tanah Datar yang sudah memberikan kepada nagari tersebut perhelatan Festival Pesona Singgahan Alang dalam program unggulan Satu Nagari Satu Even. 

"Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintah kabupaten Tanah Datar kepada Bapak Bupati Eka Putra yang sudah mempercayai kepada kami untuk melaksanakan Festival Pesona Singgahan Alang yang menjadi tema dalam alek nagari juga menampilkan arakan lobak Singgalang sebagai ciri  hasil pertanian dari nagari Singgalang, tidak lupa ucapan apresiasi dan Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan kami seperti perantau, panitia pelaksana serta semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, " ujarnya. 

Lebih lanjut Seri Mesra berharap kegiatan tersebut akan terus berlanjut sebagai sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat yang sebahagian besar masyarakatnya adalah petani holtikultura. 

Sebelumnya Ketua panitia pelaksana dalam sambutannya menyampaikan Festival pesona Singgahan Alang akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 18-19 November dan akan menampilkan permainan anak nagari, dan seni budaya setempat. 

"Festival Pesona Singgahan Alang memiliki Filosofi dari cerita turun temurun berawal dari tempat singgah nya elang yang akan terbang menuju gunung merapi atau pun yang balik dari gunung merapi, dan akan berhenti di sebuah pohon besar didaerah ini, " katanya. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Walinagari, semua unsur masyarakat, perantau dan panitia pelaksana yang sudah bekerja keras dalam pelaksanaan even Festival pesona budaya singgahan Alang yang menurut bupati sangat luar biasa tersebut. 

"Tadi kita sudah menyaksikan rangkaian acara proses Festival Pesona budaya Singgahan Alang dimulai dengan penyambutan dengan penonton lebih kurang 5000 ribu pengunjung dan ini sangat luar biasa, " kata bupati. 

Lebih lanjut bupati Eka putra berharap melaui even tersebut akan bisa bisa menggali potensi anak nagaru menampipkan  lagi kuliner khas asli nagari tersebut yang nantinya akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan berharap masyarakat membelanjakan uangnya untuk kuliner asli nagari tersebut serta mempromosikannya. 

"Pada Festival pesona Minangkabau pada Desember mendatangkan yang akan di ikuti 28 negara Nagari Singgalang akan tampil dalam Festival yang besar tersebut dengan ikonik nya lobak Singgalang serta tim tarinya, semoga wali nagari dan masyarakat siap untuk mengikuti kegiatan tersebut," tukas Bupati Eka Putra. (**) 


Reporter : Mailis. 

Post a Comment

Previous Post Next Post