Wawako Solok Terima Tim Surveyor Re Akreditasi Dari LPA PKP

Realitakini.com-Solok
Wakil Walikota (Wawako) Solok, Ramadhani Kirana Putra menerima Kunjungan Tim Surveyor Re Akreditasi Puskesmas Tanjung Paku, tim surveyor dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna ( LPA-PKP), Kamis (30/11/2023).

Dalam sambutannya, Wawako Solok mengucapkan selamat datang dan bergabung kepada tim surveyor dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna ( LPA-PKP), yang akan me laksanakan penilaian re akreditasi Puskesmas Tanjung Paku selama 3 hari, dan dilanjutkan secara luring selama 2 hari.

“Puskesmas sebagai Fasilitas Pelayanan Tingkat Pertama menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/Kota dalam memenuhi standar pelayanan minimal Bidang Kesehatan, sehingga kinerja Puskesmas akan berpengaruh langsung terhadap kinerja Dinas Kesehatan Daerah kota dan kabupaten dan Pemerintah Daerah setempat,” sebut Ramadhani Kirana Putra.

Dikatakannya, pelayanan kesehatan di Puskesmas yang berkualitas memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, sebagai pelayan publik yang merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi.

"Untuk peningkatan mutu pelayanan tersebut dapat melalui  akreditasi Puskesmas. Survey Akreditasi dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas ini sesuai dengan Permenkes Nomor 34 Tahun 2022, tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Tranfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi," paparnya.

Disampaikannya, hari ini akan menjadi pengalaman bagi Puskesmas Tanjung Paku, apapun yang di dapat dari hasil survey oleh tim surveyor adalah hal terbaik yang telah diupayakan oleh Puskesmas, dinas dan stakeholder yang tekait. Dengan akreditasi ini merupakan motivasi bagi kita bersama untuk terus memacu peningkatan pelayanan Puskesmas.

"Kami Pemerintahan Kota (Pemko) Solok selalu  mensuport dalam penilaian Akreditasi Puskesmas Tanjung Paku ini, bahwa kami sangat bangga pada Puskesmas Tanjung Paku yang mana menjadi pilot projek 8 negara, 5 provinsi tentang bayi kecil. Kemudian kami sangat apresiasi dan bangga pada bangga pada Puskesmas Tanjung Paku, yang mana dalam tahun 2023 dalam survey kepuasan pelayanan, Puskesmas Tanjung Paku merupakan nilai yang tertinggi dalam survey ini," ungkapnya.

Diungkapkannya, sebelumnya Puskesmas Tanjung Paku dalam Re-Akreditasi dapat predikat Paripurna, InsyaAllah dengan keberhasilan dan  pelayanan  publik yang terbaik bisa mempertahankan perdikat Paripurna. Kemudian Puskesmas Tanjung paku juga menjadi salah satu Puskesmas percontohan di tingkat Provinsi Sumbar, ini juga bisa di lihat dari indeks keluarga sehat kita Nomor 2 tingkat provinsi.

"Kemudian kita juga mendukung percepatan penurunan stunting dengan program Bapak Asuh. Serta ada Perda Rokok dengan masyarakat yang berhenti merokok mendapatkan reward," ungkapnya lagi. 

Selamat berproses, imbuhnya, semangat Re-Akreditasi yang tidak pernah berhenti dan takkan pernah mati. Semoga jerih payah kita dapat mewujudkan Kota solok Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara). (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post