Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar Beri Respon Positif Atas Tuntasnya Pelenggara Dan Tender PBJ 2023.

Realitakini.com- Pesisir
Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar tuntas melaksanakan lelang atau tender kegiatan untuk tahun anggaran 2023. "Lelang atau tender di Pesisir Selatan terlaksana dengan baik sesuai dengan aturan dan norma pengadaan," kata Kabag PBJ Pesisir Selatan, Damel Van Wanda, ST, MM, MT di Kamis, 07 Desember 2023. Damel menambahkan tender kegiatan dimaksud tuntas pada 04 Desember 2023 dengan nilai pagu dana yang mencapai Rp180.549.468. 286 dan terdiri atas 115 paket kegiatan.

 "Tender yang dituntaskan itu berasal dari APBD dan APBD Perubahan tahun anggaran 2023," jelasnya. Ia menyebut dengan selesainya tender dan dimulainya kegiatan maka harapan masyarakat terhadap pem bangunan di daerah setempat telah diakomodir melalui pos anggaran yang tersedia. Berdasarkan komunikasi yang ia bangun dengan perangkat daerah terkait, pihaknya optimistis pelaksanaan kegiatan yang ditender akan tuntas jelang akhir Desember 2023. Baca Juga: Pesisir Selatan Terima Penghargaan Swasti Saba Wistara dari Pusat, Ini 9 Tatanan Penilaiannya!

Guna mempercepat pelaksanaan tender PBJ di 2024, maka Damel Van Wanda mengingatkan agar semua perangkat daerah di awal tahun segera mengajukan persyaratan tender ke Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ). "Hal ini saya sampaikan agar proses tender kegiatan di APBD 2024 bisa dimulai di awal tahun," ucap Damel.

 Selain untuk percepatan pembangunan, pelaksanaan tender di awal tahun juga akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat karena secara otomatis akan ada perputaran uang. "Sampai saat ini Pesisir Selatan masih belum tercatat sebagai daerah industri yang bisa menampung banyak tenaga kerja, sehingga dengan dimulainya kegiatan di awal tahun maka secara otomatis akan men dorong berlangsung nya transaksi jual beli material, dan penggajian tukang lebih awal. Rangkaian ini jelas akan menggerakkan sektor lain yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat," ungkapnya

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar memberi respon positif atas terselenggara dan tuntasnya tender PBJ 2023. Rusma mengatakan bahwa terlaksananya aturan dan norma pengadaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam reformasi birokrasi, khususnya dalam aspek pengawasan. "Hal itu jelas karena PBJ yang baik mensyaratkan auditor untuk mengaudit seluruh siklus tahapan pengadaan," tutur Rusma.

Selanjutnya dirinya juga berpesan agar pelaksanaan tender PBJ terus dimaksimalkan sehingga memberi dampak positif terhadap pembangunan daerah dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.(*RK)




Post a Comment

Previous Post Next Post