Dugaan Pungli Pencairan Dana BOP Paud, Kabid Paud: Itu Tidak Benar


Realitakini.com, Tanjabbar -
Dugaan Kabid Paud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), melakukan Pungutan Liar (Pungli) kesejumlah Pengelola Paud Kabupaten Tanjabbar, bahwa semua itu tidak benar.

Hal itu secara langsung dibantah oleh Kabid Paud Disdikbud Tanjabbar, Dovitaria, saat dikonfirmasi oleh Realitakini.com, terkait Pungli tersebut. 

"Mengenai ado daftar itu sayo tidak tahu, tanpa sepengetahuan sayo," ucapnya, kepada Realitakini.com, di ruang kerjanya, Rabu (6/12/2023) pagi.

Menurut pengakuannya, setelah ia menghubungi Pengelola Paud selaku Ketua Himpunan Kecamatan Pengabuan mengatakan, bahwa dana yg kami kumpulkan Inisiatif kesepakatan  bersama dan sudah dirapatkan  bersama Pengelola Paud. 

"Semua dana tersebut untuk makan minum pengelola paud yang ada di Pengabuan bersama dinas yang datang untuk tanda tanggan NPHD. Tidak mungkin kabid dan staf yang datang tidak dikasih makan krn ttgn NPHD sampai siang," ujarnya.

"Untuk tanda tanggan NPHD memang kami Pengelola Paud yang minta dinas datang Ke Pengabuan, karena kalau kami datang ke Tungkal berapa biaya yang harus kami keluarkan. Jelasnya untuk minyak motor dan makan kami karena banyak di pengabuan paud yg harus menyeberang datang ke tungkal itu jadi pertimbangan kami semua lembaga paud. Bagi kami, enak dinas yang datang turun sambil bisa melihat Paud di Kecamatan Pengabuan, ucap Pengelola Paud selaku Ketua Himpaudi Kecamatan Pengabuan.

"Jadi, kalo itu dikatakan pungli, itu tidak benar. Karena, semuanya hasil dari kesepakatan bersama, kami insyaAllah iklas Lillahi ta'ala, "tambahnya. 

Dovitaria mempertegas, bahwa ia tidak pernah mempersulit lembaga Paud dan tidak pernah sedikitpun memungut biaya pencairan dana BOP Paud yang disalurkan kesetiap Pengelola Paud. Karena, dana BOP yang diterima setiap Lembaga langsung masuk ke rekening Masing-masing Lembaga Paud.

"Tadi kan sudah dijelaskan, bahwa semua itu bukan atas permintaan saya. Jadi, semua itu atas inisiatif dari Pengelola Paud se-Pengabuan dan juga Pengurus Himpaudi Selaku Pengelola Paud Kecamatan Pengabuan, untuk makan minum acara, tanpa ada paksaan," pungkasnya. (put)

Post a Comment

Previous Post Next Post