Kukuhkan MAPORINA Tanah Datar , Ini Harapan Bupati Eka Putra


Realitakini.com Tanah Datar                                    -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM secara resmi mengukuhkan Masyarakat petani dan pertanian organik Indonesia Kabupaten Tanah Datar, Selasa (19/12/2023) di The Islamic center  Pagaruyung Batusangkar. 

Dalam.hadir dalam pengukuhan tersebut anggota DPRD provinsi sumbar Arkadius Dt Intan Bano, Ketua DPW Maporina Sumbar DR Yul  Amri,  Dewas Maporina Tanah Datar Ir Edi Arman, Ir M. Shadiq Pasadigoe, dan khairil Anwar, Kadis pertanian Sri Mulyani dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan dengan memiliki Dewan penasehat yang luar biasa, kegiatan pengukuhan Maporina sebagai motivasi dalam berjuang megembangkan pertanian organik. 

"Selain kita sudah mensosialisasikan sistim pertanian organik dengan pengelolaan pupuk kompos, semoga seperti yang sudah disampaikan oleh anggota DPRD provinsi Sumatra Barat Bapak Arkadius Dt Intan Bano pada tahun 2024 juga menganggarkan dari pokok pokok pikiran beliau untuk pengembangan Pertanian organik ini suatu luar biasa untuk Maporina dan petani organik, " kata bupati. 

Untuk itu maporina kabupaten Tanah Datar harus bisa merangkul dan berkomunikasi dengan baik dalam pengembangan pertanian organik, karena sebut bupati Eka Putra Maporina terdiri dari orang orang yang luar biasa dalam  pengembangan pengelolaan pertanian organik. 

"Semoga pengukuhan Maporina kabupaten Tanah Datar dapat bekerja sama dalam pengembangan petanian organik untuk itu jangan pernah patah semangat karena kami sebagai pemerintah daerah Tanah Datar siap mendukung kegiatan Maporina, " tukas bupati Eka Putra . 

Sebelumnya anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano yang juga merupakan salah satu Dewan penasehat Maporina, dalam sambutannya mengatakan sebagai Dewan penasehat Maporina siap mendukung kegiatan dengan menganggarkan kegiatan di tahun 2024 dari pokok pokok pikiran untuk pengembangan pertanian organik. 

Sementara itu Ketua DPW Maporina Sumbar DR Yul Amri dalam sambutannya menyampaikan amanat  DPP Maporina pusat mengatakan ucapan terimakasih kepada bupati Tanah Datar yang sudah mengukuhkan pengurus Maporina kabupaten Tanah Datar. 

"Sedikit saya sampaikan di sini Organisasi Maporina didirikan di Malang 23 tahun lalu tepatnya tanggal 1 Februari tahun 2000 dengan salah satu pendirinya bapak almarhum DR Safudin Salamah saat itu menjabat sebagai staf ahli di kementrian pertanian dan doa terbaik kita panjatkan semoga allah berikan terbaik untuk almarhum dan salah satu wanita pejuang ppertanian organik yang mendapatkan posisi strategis yaitu DR Ririn Trihandani, saat ini sebagai Wakil ketua dewan pembina PP Maporina menetap di Malang tempat deklarasi Maporina, " urainya. 

DR Yul Amri menyampaikan sejak  didirikan tahun 2021 maporina merupah singkatan dari masyarakat pertanian organik Indonesia fokus dengan kegiatannya pertanian saja selama masa tersebut dan berdasarkan konggres ke lima tahun 2021 tanggal 18 November 2021 tidak terpokus pada pertanian organik saja namun memperluas cakupan dengan singkatan Masyarakat petani dan pertanian organik Inindonesia.

"Sesuai dengan hasil konggres ke lima tersebut adalah salah satu program Maporina adalah berperan aktif dalam upaya upaya mewujudkan kedaulatan pangan mulai dari tingkatan wilayah Kabupaten/ kota provinsi , pusat dan nasional, untuk kedaulatan pangan nasional bukan hanya keinginan maporina namun adalah misi kita bersama baik pemerintah, pelaku usaha, para cendikiawan, dan masyarakat Indonesia pada umumnya dengan sinergitas yang baik dari pemangku kepentingan tersebut maka cita cita kedaulatan pangan tersebut  akan bisa lebih cepat kita capai, " ungkap DR Yul Amri. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post