PPID Nagari Taratak Sungai Lundang Kecamatan XI Koto Tarusan Masuk 10 Besar KIP

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Nagari Taratak Sungai Lundang Kecamatan XI Koto Tarusan berhasil masuk 10 besar KIP (Keterbukaan Informasi Publik Desa ) Tingkat Nasional 2023.

Sebelumnya PPID Nagari Taratak Sungai Lundang ini telah lolos pada tahap visitasi & presentasi, yang dilakukan oleh Tim Komisi Informasi (KI) Pusat, dipimpin oleh I Gede Naryana, Komisioner KI Pusat, didampingi Yunes Herawati Bappenas RI dan Afrizal Akademisi, Wakil Dekan Fisip UTU Aceh, pada 10 November 2023 lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, S.IP., ikut langsung menghadiri kegiatan visitasi dan presentasi tersebut.

Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2023  ini adalah yang kedua kalinya, diselenggara kan oleh Komisi Informasi Pusat, melibatkan 34 Komisi Informasi Provinsi se Indonesia diikuti 116 Desa dari 26 Provinsi. Ke 116 desa itu dipilih berdasarkan rekomendasi dari Komisi Informasi provinsi masing masing

Beberapa tahapan penyelenggaraan kegiatan sebagaimana dimaksud yaitu tahapan sosialiasi kepada desa, tahapan pengisian kuesioner oleh desa, dan tahapan verifikasi pengisian kuesioner telah selesai dilaksana kan.

Berdasarkan Keputusan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Nomor14/KEP/KIP/X/2023 tentang Nominasi Desa Taratak Sungai Lundang terpilih menjadi 10 besar untuk tingkat nasional.Hasil ini meng ikuti prestasi Nagari Bungo Pasang Salido yang juga berhasil masuk 10 besar Nasional (peringkat 2 wilayah barat) pada KIP Desa Tingkat Nasional pertama kali diadakan tahun 2022.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan, Junaidi, S.Kom.,M.E mengatakan pihaknya bersyukur Nagari Taratak Sungai Lundang bisa masuk 10 besar Apresiasi Komisi Informasi Pusat.

"Kami mengapresiasi kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi membantu nagari Taratak Sungai Lundang pada kegiatan ini," tutupnya.(Kmf- RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post