Sukses Penanaman Metode Green House SMKN 2 Batusangkar Panen Raya Melon


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Dihadiri gubernur dan bupati, SMKN 2 Batusangkar laksanakan panen raya Melon dengan teknik hidroponik Green House Farm Hill yang merupakan pertama dilaksanakan dari 9 SMK pertanian di Sumatra Barat. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur diwakili Ir Syafrijal staf ahli Bidang Ekonomi dan keuangan Sumbar, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Dirut Politeknik Payakumbuh, Kadis Pendidikan Sumbar, kadis Dikbud Tanah Datar, Kadis pariwisata, ketua PGRI Tanah Datar, Wali nagari Baringin, Tokoh masyarakat, Pimpinan PT Bumi Lestari beserta jajaran dan undangan lainnya. 

Sebelumnya Kepala Sekolah SMKN  2 Batusangkar Budi Darmawan dalam suatu wawancara mengatakan, Penanaman hidroponik green House merupakan sistem pertanian dengan wadah air bukan tanah dan saat ini ada tiga jenis tanaman yang kita kerjakan yaitu Melon, Daun mint dan Sayuran pak coy, dan SMKN 2 Batusangkar adalah sekolah pertama yang melaksanakan metode tesebut di Sumatra Barat. 

"Pada, panen pertama yang sudah dilaksanakan  dengan hasil panen sebanyak 2.7 ton dengan jumlah tanaman Melon sebanyak 1170 batang, dengan kusaran berat 2 sampai 3, 5 kg per buah melon dan berat terendah,5 kg. ini sangat membanggakan karena pendapatannya lebih besar dari daerah asalnya Solo, " ujar Budi Darmawan saat panen raya Melon, Kamis (14/12/2023) di SMKN 2 Batusangkar. 

Selain itu sampai Budi Darmawan mengatakan ada 9  green House dan 3 diantaranya untuk tanaman melon dan saat ingin yang turut berkontribusi dengan peralatan 2000 media tanaman dan pupuk serta obat obatan dari PT Bumi Lestari, Melon sudah dipasarkan dengan nama SMKN 2 Batusangkar Farm Hill dengan cakupan pemasarannya Sumbar dan Riau. 

"Disini saya sampaikan kepada bapak bupati, bapak gubernur, dan semuanya bahwa SMKN 2 Batusangkar adalah SMK pusat unggulan tahun 2023 yang sudah berjalan dengan hampir 100 persen melaksanakan program unggulan dengan tema pemadanan Industri, dengan 2000 media tanaman dan obatan - obatan melalui kontribusi melalui PT Bumi lestari  mas Ardi sebagai pimpinan untuk itu saya ucapkan Terima kasih, " ujarnya. 

Sebelumnya ada sambutan dari Pimpinan  PT Bumi lestari  Solo Ardi sebagai sponsor dan sambutan dari pimpinan Politeknik Payakumbuh sebagai team kerja semuanya menyampaikan ucapan selamat dan sukses untuk SMKN 2 Batusangkar dan untuk kemajuan dengan harapan dukungan pemerintah daerah. 

Dalam sambutannya gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang ekonomi dan keuangan Syafrijal mengatakan 10% APBD Provinsi Sumbar digunakan untuk bidang pertanian. 

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena hasil yang dihasilkan panen pertama mencapai 2.7 Ton,  semoga ini akan  bisa melirik para investor karena satu satu nya di Sumatra Barat panen melon dengan metode green House , " katanya. 

Untuk itu Syafrijal berharap dukungan dari pemerintah daerah untuk mengembangkan lagi metode green House karena hasil pencapaian nya bisa ke wisata dan pertanian. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan  ucapan rasa bangga kalau ada SMKN 2 Batusangkar yang sudah menjalin kerjasama dengan PT Bumi Lestari Solo, sebagaigai pilot project sebagai proses metode pertama di Sumatra Barat ada di Tanah Datar. 

"Rasa Melon yang dihasilkan oleh SMKN 2 Batusangkar berbeda dengan Melon perkebunan lainnya karena memiliki rasa yang special karena dengan sistem penanaman hidroponik green House, untuk itu apresiasi buat kepsek, guru guru serta sponsor dan semua pihak yang sudah turut mendukung kegiatan green House teristimewa untuk semua anak siswa SMKN 2 Batusangkar semuanya luar biasa, " tukas bupati Eka Putra. (**) 

Reporter  : Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post