Debu Beterbangan, Damkar Bersihkan Abu Vulkanik Marapi di Jalanan

Realitakini.com-  Padang Panjang 
Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) laksanakan penyemprotan tumpukan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Marapi di sejumlah ruas jalan Kota Padang Panjang, Jumat (5/1).

Erupsi Marapi yang terus berlangsung sejak 3 Desember 2023 lalu, terus terjadi. Padang Panjang sebagai salah satu kota terdekat dari gunung ini, kerap dihujani abu vulkanik bila hembusan angin menuju ke arah kota ini.

Seperti yang terjadi hari ini, abu vulkanik yang turun bersamaan dengan hujan pagi tadi, menyebabkan ruas jalan becek menghitam seperti berlumpur. Menjelang siang, abu vulkanik yang mengering menjadi debu yang beterbangan sehingga mengganggu kenyamanan dan mengancam kesehatan warga.

Melihat kondisi tersebut, sesuai instruksi Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Kasat Satpol PP Damkar Benny, S.STP langsung mengerahkan personel dan armada damkar untuk menyirami jalan. Mulai dari jalan dan halaman Balai Kota hingga ke jalan-jalan protokol lainnya.

"Penyiraman jalan diawali dari pertigaan PDAM menuju Balai Kota. Lalu dari Simpang Lapan ke arah pertigaan PDAM dengan menggunakan dua armada mobil damkar," sebutnya.

Dikatakan Benny, penyemprotan jalan dilakukan guna mengurangi debu yang beterbangan di jalan raya. Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena debu dapat mengganggu kesehatan masyarakat, terutama serangan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat partikel debu vulkanik.

"Selain membersihkan, penyemprotan ini juga dilakukan untuk menjaga kebersihan jalan raya, men cegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat debu. Ini juga menjadi tanggung jawab kami menjaga kondisi yang nyaman dan tenteram bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari," ucapnya.

Sebagai informasi, jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan pembersihan fasilitas umum, seperti masjid, jalan atau fasum lainnya, dapat menghubungi kontak yang ada di akun sosial media Satpol PP Damkar Padang Panjang. (Abe)

Post a Comment

Previous Post Next Post