Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad, Wawako Solok Hadiri Acara Salawaik Dulang

Realitakini.com-Kora Solok
Memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Wakil Walikota (Wawako) Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, turut serta dalam Pesta Salawaik Dulang. Acara yang diinisiasi oleh warga Gawan Kelurah an Tanah Garam tersebut digelar di Masjid Al Aqsa, Rabu (07/02/2024).

Acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Solok, Lurah Tanah Garam, tokoh masyarakat dan jama'ah Masjid Al Aqsa.

Dalam sambutannya, Wawako Solok mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bagian dari warisan budaya yang perlu dijaga dengan baik. Menurutnya, Salawaik Dulang merupakan tradisi yang dalam literatur masyarakat Minangkabau dipercaya menceritakan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

"Kisah yang memuji, dan menghormati Nabi Muhammad SAW dipentaskan dengan diiringi irama ketukan jari yang menambah kental suasana khas Minangkabau," papar Ramadhani Kirana Putra.

Lebih dari sekadar hiburan, imbuhnya, kegiatan ini dianggap penting dalam memperkenalkan budaya Minangkabau kepada generasi muda Kota Solok. Selain itu, juga menjaga dan memperkuat identitas budaya menjadi semakin relevan di era modern ini.

“Kegiatan semacam ini, bisa membuat generasi muda dapat lebih memahami dan mencintai warisan budaya mereka sendiri. Semoga kegiatan ini menjadi jembatan untuk mempererat tali silaturrahmi di antara seluruh warga Kota Solok,” harapnya.

Disampaikannya, upaya melestarikan tradisi dan kekayaan budaya Minangkabau dapat terus berkembang, sehingga menjadi sumber kebanggaan bagi semua generasi. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post