Dibuka Bupati Eka Putra, Semaraknya Festival Pesona Saghibu Dulang Nagari Tanjung Barulak

Realitakini.com Tanah Datar                                   
Alek Anak Nagari Tanjung Barulak kecamatan Tanjung Emas dalam Satu Nagari Satu Even  "Festival Pesona Saghibu  Dulang" Dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra,SE, MM, dan menobatkan Nagari Tanjung Barulak sebagai Nagari Jeruk Purut, Sabtu (13/04/2024). 

Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 13-15 April 2024 turut di hadiri Forkopimda,  Ketua TP-PKK Ny. Lise Eka Putra, Forkopimca, Kepala OPD, Camat, Kapolsek, Wali Nagari, kepala Jorong, Tokoh Masyarakat, cadiak pandai, Alim ulama, tokoh pemuda, perantau, bundo kanduang dan masyarakat. 

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar memberikan apresiasi atas pelaksanaan Satu Nagati Satu Event dalam Festival Saghibu Dulang Nagari Tanjung Barulak, yang begitu memukau dan semarak dengan berbagai atraksi seni dan budaya, tari kolosal serta kuliner lokal yang sangat. 

"Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan Terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan satu nagari satu event Festival pesona Saghibu dulang yang begitu mempesona dengan semua tampilan dan tarian kolosal yang sangat luar biasa, serta rumah akarnya" ujar bupati. 

Lebih lanjut sampai bupati dengan penobatan sebagai nagari limau purut karena sebahagian penduduk nagari tanjung barulak adalah petani  limau purut dan dengan hasilnya itu mampu memberikan peningkatan perekonomian masyarakat. 

"Keberhasilan dalam pelaksanaan satu nagari satu event serta pengukuhan sebagai nagari limau purut ini adalah suatu terobosan yang membanggakan karena keberhasilan tersebut merupakan bentuk kerjasama yang baik oleh pemerintah nagari, dan semua lembaga unsur, yang sudah bekerja sama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan ini bisa jadi contoh bagi daerah lain, " tukas bupati Eka Putra. 

Sementara itu Wali Nagari Tanjung Barulak Fuadil Hulum, S.I.P mengatakan bahwa nagari Tanjung Barulak penduduknya berprofesi sebagai petani jeruk Purut dan telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Di nagari Tanjung Barulak memiliki sumber daya alam dengan lahan sekitar 800 Hektar merupakan penghasil tanaman jeruk purut dan dari situ lah masyarakat bisa menyekolahkan anak anaknya ke perguruan tinggi, " ujarnya. 

Wali nagari juga menyampaikan, dalam Festival pesona Saghibu dulang merupakan wujud penampilan perekonomian kerakyatan, produk UMKM, seperti rumah akar, kuliner dan kain Ecoprint.(**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post