Informasi Mudik Dikemas Kominfo Sumbar Dengan Digital Skema One Way

Realitakini.com-Padang
 Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H,  Kominfo sumatera Barat  adakan buka bersama dengan Para awak Media( wartawan) media cetak, online, dan elektronik di rumah makan bernama Padang. Kamis, 4 April 2024 Di samping Dinas Kominfo  Sumatera Barat  acara ini dihadiri oleh sekrtaris daerah Provisi Sumatera Barat ,Hansastri.

Acara ini  juga dihadiri oleh beberapa pejabat terkait, termasuk Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Dedy Diantolani, dan Kadis Kominfotik Sumbar Siti Aisyah, Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekdaprov Sumbar) , Hansastri mengonfirmasi bahwa segala persiapan telah diselesaikan dengan matang.

Hansastri menjelaskan bahwa persiapan untuk menyambut Lebaran Idul Fitri 1445 H telah dilakukan sebelum bulan puasa, sejalan dengan arahan Gubernur yang memperkira kan peningkatan jumlah pe ngunjung dari luar dan pemudik menuju Sumbar tahun ini.

“Kami telah menyiapkan segala persiapan dengan baik jauh sebelum bulan puasa, sesuai dengan arahan Gubernur. Persiapan ini mencakup semua aspek, dari ketersediaan BBM dan bahan pangan hingga ke lancaran lalu lintas dan pos pengamanan serta pelayanan kesehatan,” katanya.

Hansastri juga menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPBD, BMKG, dan pihak terkait lainnya menghadapi potensi bencana banjir, longsor, dan erupsi Gunung Merapi. Me
nanggapi kemacetan yang terjadi setiap tahunnya, Kadishub Sumbar, Dedy Diantolani, mengumumkan penerapan skema one way untuk mengatasi masalah tersebut.

Ia menjelaskan bahwa skema one way akan diberlakukan pada tanggal 7-9 April 2024, dan 11-15 April 2024, dengan jadwal yang telah ditentukan untuk rute Padang-Bukittinggi dan sebaliknya.Selain itu, Dedy juga menyampaikan bahwa terdapat peningkatan jumlah kunjungan dan pemudik menuju Sumbar sebesar 70% dari tahun sebelumnya, sehingga skema one way masih diberlakukan seperti tahun sebelumnya.

Selain itu, Dedy juga menyampaikan bahwa terdapat peningkatan jumlah kunjungan dan pemudik me nuju Sumbar sebesar 70% dari tahun sebelumnya, sehingga skema one way masih diberlakukan seperti tahun sebelumnya.

 Sedangkan Kadis kominfotik, Siti Aisyah menambahkan bahwasanya Dinas Kominfo telah melakukan sosialisasi jalur one way melalui berbagai media.Informasi Real time secara digital melalui SMS gateway telah disediakan oleh Diskominfo.

“Kita telah mensosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai media termasuk SMS gateway,” ujarnya.

Ia menambahkan, berkaitan dengan informasi mudik, pihaknya telah merilis website yang dapat di akses oleh masyarakat ke https://s.id/mudiksumbar.Pada website tersebut menyediakan berbagai informasi terkait arus mudik, lokasi posko lebaran, fasilitas umum terdekat, prakiraan cuaca, info pariwisata.

Selain itu, Diskominfotik juga telah mengeluarkan layanan Hotline via Whatsapp di nomor 082174754150. Nomor tersebut akan aktif selama 24 jam untuk melayani masyarakat. ( RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post