Sampah Berserakan Di Luar Bak Kontainer, Masyarakat Dihimbau Jaga Kebersihan

Realitakini.com-Kota Solok
Pemerintah Kota (Pemko) Solok terus berupaya menjaga kebersihan kota dengan mengatasi persoalan sampah yang sering berserakan di luar bak kontainer, khususnya di Taman Pramuka Kelurahan Kam pung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. Meskipun petugas kebersihan telah melaku kan pengangkatan sampah setiap hari, tantangan ini masih menjadi perhatian utama.

Pengawas mobil angkutan sampah, Rabu (03/04/2024), Mitra Yoriskia menyebutkan bahwa meskipun bak kontainer telah tersedia, sampah masih sering ditemukan berserakan di luar bak. Menurutnya, hal itu bisa disebabkan oleh oknum yang sengaja membuang sampah di luar kontainer, atau gangguan dari hewan.

“Dampak dari keberadaan sampah di luar kontainer membuat petugas kebersihan harus bekerja lebih ekstra. Tidak hanya mengangkat sampah di dalam bak kontainer tetapi juga membersihkan sampah yang berserakan di luar. Hal ini tentu memakan waktu lebih lama, dan mengganggu efisiensi pengangkutan sampah,” jelas Mitra Yoriskia.

Ia berharap, dengan tindakan disiplin masyarakat dalam membuang sampah ke dalam kontainer yang telah disediakan, akan sangat membantu petugas kebersihan dalam menjaga kebersihan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) setempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok, Edrizal mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dengan disiplin dalam membuang sampah pada kontainer yang telah disediakan.

“Dengan demikian, diharapkan tidak akan terjadi penumpukan sampah di luar kontainer, sehingga memudahkan petugas dalam melakukan pengangkutan sampah,” tutupnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post