Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah Membuka secara resmi Job Fair Tahun 2024 Yang Diselenggarakan Di SMK Kademangan.

Realitakini.com-Blitar
Kegiatan yang berlangsung 30 s.d 31 Mei 2024 ini diinisiasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar. Dalam sambutannya, Bupati Rini Syarifah mengungkapkan, tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Tahun 2023 Kabupaten Blitar dapat ditekan dari 5,45% ke 4,91%. Meskipun dibawah Provinsi Jawa Timur sebesar 4,88%, namun lebih baik dibanding TPT nasional sebesar 5,32 %.

Menurutnya, tingginya angka pengangguran disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Pertumbuhan angkatan kerja yang tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang tersedia, Keterampilan dan kualif ikasi pencari kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, Minimnya informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia.

“Oleh karena itu, PemerintahKabupaten Blitar berkomitmen untuk terus berupaya dalam mengatasi per masalahan pengangguran ini.Kegiatan yang telah kita lakukan untuk mengurangi angka pengangguran antara lain: pelatihan berbasis kompetensi BNSP untuk meningkatkan kompetensi pencari kerja, pelatihan kewirausahaan untuk menumbuhkan wirausaha baru, bimbingan jabatan, dan Job Fair/Bursa Kerja yang kita selenggarakan saat ini.” Jelasnya.

Ia menambahkan, Job Fair/Bursa Kerja ini merupakan wadah yang mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Diharapkan melalui kegiatan ini, para pencari kerja dapat memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia, serta dapat meng ikuti proses seleksi dan rekruitmen di perusahaan-perusahaan tersebut.

“Saya berharap, kepada para pencari kerja, agar dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Ikutilah proses seleksi dan rekruitmen dengan sungguh-sungguh, dan tunjukkan kemampuan terbaik Anda.” Imbuhnya.

Lanjutnya, sementara untuk para perusahaan, saya menyampaikan terima kasih atas partisipasinya dalam Job Fair/Bursa Kerja ini. Saya berharap, melalui kegiatan ini, perusahaan-perusahaan dapat menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. (kmf / edy )

Post a Comment

Previous Post Next Post