Diskominfotik Sumbar Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Wartawan

Realitakini.com- Padang 
Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat menggelar pelatihan peningkatan kompetensi wartawan, Selasa, 21 Mei 2024. Di auala Kominfo dan Statisk Sumbar Jalan Paramuka kota padang 

Pelatihan yang mengambil tema "Jurnalis adalah pembangkit semangat, pembuat kesadaran, dan penuntun masa depan" dibuka secara langsung oleh Kadisminfotik Sumbar Siti Aisyah.

Siti Aisyah berharap, pelatihan tersebut dapat diikuti dengan baik oleh peserta, sehingga sasaran pelatihan dapat tercapai sebagaimana diharapkan.

"Harapan kita, pelatihan ini dapat terlaksana sesuai target dan sasaran yang kita harapkan," ujarnya.

Apatah lagi, kata Siti Aisyah, di era digital diharapkan kompetensi wartawan betul-betul diharapkan dapat menjawab tantangan informasi global.

"Informasi yang diberikan melalui pemberitaan yang dibuat dan ditayangkan media sebagai konsumsi publik betul-betul telah teruji, memenuhi standar yang ditetapkan," katanya.

Pada kesempatan itu, Siti Aisyah juga menyampaikan materi dengan judul "Strategi  efektif komunikasi publik dan peran media di Provinsi Sumatera Barat."

Salah seorang narasumber Yurnaldi Panduka Raja, wartawan senior Sumatera Barat menyorot perilaku copy paste pemberitaan, judul dan foto yang sama pada berita yang sama di banyak media.

"Walau itu berita relis atau siaran pers, mestinya disajikan berbeda dari satu media dengan media lainnya. Harus ada penambahan atau pengurangan kata, foto jangan sama semua," katanya.

Pelatihan tersebut rencananya digelar sampai sore dengan menghadirkan narasumber lokal dan nasinal.

Diantaranya wartawan senior Hasril Chaniago, Ketua PWI dan Direktur UKW PWI.

Post a Comment

Previous Post Next Post