Masyarakat Bagian Selatan Kabupaten Solok Harapkan Budi Satriadi Jadi Bupati Solok 2024-2029

Realitakini.com-Kabupatem  Solok 
Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Solok Pemilihan Umum (Pemilu) pada November 2024 mendatang, beberapa Nama telah muncul dan menjadi perbincangan publik. Begitu juga dengan masyarakat daerah setempat, dimana telah terlihat dan terlibat langsung untuk mendukung pergerakan politik para kandidat Calon Kepala Daerah (Cakada).

Seperti Kabupaten Solok bagian Selatan (Danau Kembar, Hiliran Gumanti, Lembah Gumanti). Dimana masyarakat setempat berharap dan sangat menginginkan adanya perubahan nyata seperti yang dilaku kan oleh Bupati Solok sebelumnya, Gamawan Fauzi.

Menurut masyarakat setempat, sudah sepantasnya bagian Selatan dari Kabupaten Solok tersebut kembali menjadikan putra terbaik mereka menjadi Bupati Solok. Banyak hal yang menjadi alasan, sehingga mereka berniat untuk kembali merebut kepemimpinan nomor satu di Kabupaten Solok ini.

Menjadi "Bak dianak tirikan", juga menjadi salah satu kekompakan, kesepemahaman masyarakat bagian Selatan Kabupaten Solok tersebut, baik yang di kampung halaman maupun di perantauan.

Dari pantauan media ini, perilaku pemilih dalam menentukan pilihannya dalam pesta demokrasi di bagian Selatan Kabupaten Solok tersebut, masih didominasi oleh pengaruh primordialisme seperti kesamaan suku, ras dan agama. Apalagi didukung dengan visi, misi kandidat yang berpihak untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satu nama yang muncul sebagai Bakal Calon Bupati Solok adalah H. Budi Satriadi, SKM, MM (Budi Global), putra Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Pengusaha muda yang sukses yang bergerak di bidang pertambangan, alat kesehatan dan lainnya.

Informasi yang berkembang di tengah-tengah publik, dimana Budi Satriadi telah didukung oleh seluruh unsur di Kabupaten Solok bagian Selatan tersebut, termasuk yang berada di perantauan untuk menjadi orang nomor satu di Kabupaten Solok itu.

Sementara itu, pengusaha sukses yang sekarang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumatra Barat (Sumbar) tersebut, juga telah menyampaikan niatnya pada tokoh-tokoh Kabupaten Solok bahwa dirinya akan ikut di kontestasi Pilkada Kabupaten Solok 27 November 2024 mendatang. 

Budi Satriadi juga menegaskan bahwa dirinya bakal merangkul semua pihak, baik di saat kontestasi Pilkada maupun jika nantinya terpilih. Selain itu, dirinya bakal fokus mengabdi untuk menjadikan Kabupaten Solok lebih maju. 

Sebagai Calon Bupati Solok, Budi Satriadi juga meminta masukan, saran dan kritikan dari insan pers Kabupaten Solok. Baik terkait kondisi terkini di Kabupaten Solok, maupun berbagai upaya untuk dilaku kan ke depannya.

"Kabupaten Solok harus dibangun bersama, tidak bisa seorang diri atau sekelompok orang saja. Semua elemen dan semua pihak harus dirangkul, agar memiliki tanggung jawab ke dirinya, keluarga dan ke daerah. Muaranya adalah untuk kesejahteraan semua orang tanpa pengecualian," sebut Budi Satriadi. 

Menurutnya, pemerintah harus hadir di setiap permasalahan yang dihadapi masyarakatnya. Sebaliknya, seluruh masyarakat berperan membangun daerah menurut kapasitasnya masing-masing.

Budi Satriadi menyatakan jika dirinya mendapatkan amanah dari masyarakat Kabupaten Solok untuk menjadi Kepala Daerah, target utamanya adalah menjadikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) Kabupaten Solok berada di 10 besar Sumbar. 

"Selama tiga tahun belakangan, IPM Kabupaten Solok berada di peringkat 17 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar. Artinya berada di peringkat tiga terbawah," ungkapnya.

Dikatakannya, Kabupaten Solok adalah daerah yang memiliki potensi berlimpah ruah, baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA). Mulai dari pertanian, pariwisata, perkebunan, perikanan, hingga pertambangan. Namun, potensi itu belum tergarap maksimal, karena kurangnya stimulan dan akses ke sumber-sumber pendapatan. 

Profil Calon Bupati Solok 2024-2029
Nama : H. Budi Satriadi, SKM, MM

Tempat/Tanggal Lahir: Salimpat/17 Mei 1976
Nama Istri: Hj. Rozalinda, S.ST
Anak : 
- Abid Aziz Adinda
- ⁠Afrand Shah Adinda
- ⁠Akhtar Nafis Adinda
- ⁠Gibran Khalfani Adinda

Riwayat Pendidikan
- SD Negeri 1 Alahan Panjang (Tamat tahun 1989).

- ⁠SMP N1 Alahan Panjang (Tamat tahun 1992).
- ⁠SMA Adabiah Padang (Tamat tahun 1995.
- ⁠Akademi Keperawatan Depkes RI Padang (Tamat tahun 1998).
- Fakultas Kedokteran Univeraitas Andalas Padang (Tamat tahun 2007).
- ⁠Magister Manajemen Universitas Putra Indonesia (Tamat tahun 2011).

Riwayat pekerjaan
- Direktur CV. Salsabilla Jaya Utama tahun 2000 (Alat kesehatan dan Laboratorium).

- ⁠Direktur Utama PT. Global Mineral Sejahtera (Tambang Bijih Besi) 2004-sekarang.
- ⁠Direktur Utama PT. Mineral Sukses Makmur (Tambang Bijih Besi) tahun 2005-sekarang.
- ⁠Direktur Utama PT. Global Forwarding Company (Perusahaan Agen Kapal) tahun 2005-sekarang.
- ⁠Direktur Utama PT. Global Stevedoring Company (Perusahaan bongkar muat kapal) tahun 2005-sekarang.
- ⁠Direktur PT. Budi Satriadi Industries (Smelter Besi) tahun 2008-sekarang).
- ⁠PT. Kuansing Mineral Sejahtera (Tambang dan pengolahan/Stone Crusher Batuan) tahun 2010-sekarang.
- ⁠PT. Kuansing Makmur Sejahtera (General Kontraktor) 2014-sekarang.

Riwayat Organisasi
- Ketua Hipmi Kabupaten Solok Tahun (2012-2015).

- ⁠Pengurus BPD Hipmi Sumatera Barat (2015-2020).
- ⁠Ketua Komite Tetap Kadin 2017-sekarang.
- ⁠Pengurus Masyarakat Alam Gumanti 2023-sekarang.
- Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumatera Barat (2022-2026). (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post