Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bersih Desa Jimbe.

Realitakini.com-Blitar
Pemerintah Desa Jimbe, Kecamatan Kademangan mengadakan Pagelaran Wayang kulit semalam suntuk bersama Dalang ternama Ki Beni Bimo Nugroho dalam rangka bersih desa. Kamis Malam (23/05/2024)

Pagelaran wayang kulit tersebut meng ambil lakon, "Semar Bangun Kayangan" dan dihibur 2 pelawak kondang Cak Kumed dan Cak Dodok. Kegiatan ini me rupakan puncak dari kegiatan bersih Desa Jimbe, yang digelar di halaman balai desa, Kamis malam (23/05/2024)

Bersih desa merupakan tradisi dalam kebudayaan masyarakat, dan dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga atas berkat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa.

Acara di hadiri Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah, Camat Kademangan, Forko pimcam Kademangan, Sejumlah Kades di Kabupaten Blitar, Kapolsek, Danramil, perangkat desa Jimbe dan tamu undangan.

Dalam sambutanya, Kepala Desa Jimbe, Fendi Giras Santoso, Sos.menyampaikan, diselenggarakannya kesenian tradisional wayang kulit semalam suntuk ini adalah puncak rangkaian bersih desa dan sedekah bumi. 

“Dengan bersih desa dan sedekah bumi ini, supaya terhindar dari marabahaya, semua warga bisa merasa nyaman, damai dan bisa meningkatkan perekonomian warga," ucapnya. 

Sel ain itu, kata Kades Jimbe, bisa me ningkatkan kekompakan, kerukunan serta melestarikan budaya bangsa nguri-nguri budoyo.

Kades Jimbe berpesan kepada seluruh warga Desa Jimbe untuk selalu kompak, semakin bersinergi menyandang desa mandiri menjadi yang terdepan

"Saya berharap untuk selalu kompak, bersinergi menyandang desa mandiri menjadi yang terdepan," pungkas Fendy Giras Santoso. (kmf /edy )

Post a Comment

Previous Post Next Post