Pangkoarmada I Laksda TNI. dr. Yoos Suryono Hadi Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana Galodo Di Tanah Datar

Realitakini.com Tanah Datar
 -Panglima komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI. dr. Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han); M Tr Opsla didampingi Danlantamal II  Laksma TNI Syufenri. S.Sos, M. Si menyerahkan bantuan uang tunai sebesar 50 Juta serta paket sembako untuk korban banjir bandang dan galodoh di Tanah Datar. 

Bentuan tersebut diterima oleh bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Forkopimda, Sekda Iqbal Rama Dipayana dan Ketua TP-PKK Ny Lise Eka Putra, Kamis, (23/05/2024) Indojolito Batusangkar. 

Dalam kesempatan tersebut Sekda Iqbal Rama Dipayana memaparkan kondisi daerah terdampak bencana lahar dingin gunung Marapi tersebut di 13 nagari di Enam kecamatan yaitu kecamatan X Koto, kecamatan Batipuh, Kecamatan Lima Kaum, kecamatan Pariangan, kecamatan Rambatan dan kecamatan Sungai Tarab 

"Update Kamis tanggal 23 Mei 2024 jumlah  korban akibat banjir lahar dingin yang atau banjir bandang yang melanda 6 kecamatan dan 13 Nagari pada tanggal 11 Mei 2024 lalu meninggal  32 orang, korban belum ditemukan 10 orang, jumlah pengungsi 3.030 jiwa, rumah rusak berat 47 unit, rumah hanyut 43 unit, rusak sedang 26 unit, rusak ringan 80 unit, untuk itu masa tanggab darurat di tambah 14 hari kedepan, " ujarnya. 

Pangkoarmada 1 Laksda TNI. dr. Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han); M Tr Opsla dalam kesempatan tersebut menyampsaikan jika bantuan tersebut merupakan bentuk kemanusian untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah bencana galodo dan banjir bandang. 

Seperti diketahui pasca banjir bandang sebanyak 167 Prajurit dari Satuan Marinir TNI Angkatan Laut Danlantamal II Padang berada di 8 titik posko untuk turun ke lokasi bencana banjir bandang dan galodo di kabupaten Agam dan kabupaten Tanah Datar. 

"Seperti disampaikan bapak bupati tadi masa tanggap darurat akan diperpanjang 14 hari kedepan untuk itu Anggota Marinir TNI AL dari Danlantamal II akan terus ikut membantu masyarakat di lokasi bencana," ujarnya. 

Lebih lanjut ini Laksda TNI. dr. Yoos Suryono Hadi menyampaikan itu adalah bentuk Tugas OMSP Operasi Militer Selain Perang Salah satu tugas membantu pemerintah,atau pemerintah daerah dalam penanganan bencana. 

"Memang kita siapkan ,sebagai Satuan Tugas Satgas Penanganan Bencana Alam Gulbencal. Jadi Mereka ini jika ada bencana alam, sebelum diminta oleh Pemda, mereka otomatis sudah bergerak kelokasi bencana, dan untuk reward seperti di tanya awak media taditadi,  semua itu menurut kami membantu itu adalah tugas, tapi untuk prajurit yang berprestasi kita akan memberikan reword, " Ungkapnya. 

Bupati Eka Putra dikesempatan tersebut menyampaikan  ucapan terima kasih kepada Pangkoarmada 1 beserta jajaran dan satu Batalyon Marinir TNI AL Lantamal II Padang yang sudah membantu dimulai H minus 2 pasca bencana banjir bandang 

"Kami sudah banyak terbantu, Mulai dari pagi turun ke lapangan untuk mencari korban bencana banjir, dan pencarian diperluas sampai ke kabupaten sijunjung, dan selain mencari korban banjir, prajurit Marinir juga membantu membersihkan rumah masyarakat yang rumahnya terendam lumpur, dan alhamdulillah keadaan sudah mulai membaik, namun karena masih ada korban belum ditemukan, ada rumah yang belum dibersihkan maka masa tanggap darurat diperpanjang 14 hari kedepan," tukas Bupati Eka Putra. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post