Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi Terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2023 Digelar Rapat Paripurna DPRD Kota Padang

Realitakini.com-Padang 
Penyampaian pendapat akhir fFaksi-Fraksi terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2023,  di gelar dalam rapat paripurna  DPRD  Kota Padang Padang  Rabu 22 Mei 2024, bertempat di ruang sidang utama Gedung Baru DPRD Kota Padang.

Rapat paripurna ini  dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Datuk RajoJ ambi SH., didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen, S. Pd., Ilham Maulana, SH., dan Sekretaris DPRD Kota Padang H. Hendrizal Azhar, SH, MM.

Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh Pj Walikota Padang Tuanku DR. H. Andree Algamar, S. STP, M. Si, M. Han., Kepala OPD di lingkungan Pemko  Padang, Direktur Utama Perusahaan Daerah, Direktur Utama RSUD Rasyidin, unsur Forkopimda dan undangan lainnya.
"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada rapat paripurna DPRD  Kota Padang Padang tanggal 30 April 2024 yang lalu, Walikota Padang telah menyampaikan tentang Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2023," ungkap Syafrial Kani.

Dikatakannya, menindak lanjuti hal tersebut, Pansus I, II, III, dan IV DPRD Kota Padang dan SKPD Kota Padang telah melaksanakan pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Padang tahun anggaran 2023 sesuai dengan mekanisme dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 

Selanjutnya, urai Syafrial Kani, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh pansus I, II, III dan IV adalah rapat internal pansus, rapat pembahasan pansus dengan SKPD,  kunjungan kerja pansus, dan rapat internal pansus menyusun laporan ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan apbd tahun anggaran 2023.

"Selain itu, rapat finalisasi pansus, rapat fraksi – fraksi menyusun laporan pendapat akhir mengenai Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023," katanya.

Dikatakannya, berdasarkan rapat badan musyawarah DPRD  Kota Padang Padang pada tanggal 20 mei 2024 dijadwalkanlah rapat paripurna tentang penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Ranperda Pertanggungjawaban pPelaksanaan APBD  Kota Padang Padang tahun anggaran 2023.
Sementara itu, Pj Walikota Padang Tuanku DR. H. Andree Algamar, S. STP, M. Si, M. Han., pada kesempatan itu mengatakan, laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban dan akun tabilitas dari pemerintah daerah kepada masyarakat.

"Dalam laporan pertanggungjawaban yang kami sampaikan memberikan gambaran realisasi keuangan dari aktivitas pemerintah  kota padang selama tahun 2023 serta posisi keuangan pada tanggal 31 Desember 2023 yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, neraca, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan," katanya.

"Laporan yang kami sampaikan tersebut merupakan laporan yang telah diaudit oleh BPK RI Perwakilan Sumatera Barat. Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, BPK RI memberikan Opini Wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan Pemerintah  Kota Padang Padang tahun 2023," cakapnya.
Menurutnya, opini wajar tanpa pengecualian merupakan penilaian tertinggi yang diberikan BPK RI atas laporan keuangan pemerintah dan merupakan opini WTP yang ke 11 (sebelas) kalinya oleh Pemerintah  Kota Padang Padang dan diantaranya 10 (sepuluh) kali secara berturut-turut.  Hal ini, jelasnya lagi, merupakan prestasi pemerintah  kota padang yang didukung secara penuh oleh dprd dalam melakukan pengelolaan keuangan daerah.

"Baru saja bersama telah kita dengarkan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Kota Padang terhadap Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kota Padang tahun anggaran 2023. Untuk itu perkenankan kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan para anggota dewan yang terhormat yang telah memberikan persetujuan terhadap ranperda pertanggungjawaban untuk menjadi peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah  kota padang tahun anggaran 2023 ini. Semoga apa yang telah kita lakukan senantiasa diberkati oleh Allah SWT," ujarnya.
Kepada kepala SKPD, Pj Wako  Padang memerintahkan untuk memperhatikan dan menindaklanjuti catatan, saran dan masukan yang disampaikan, baik dalam proses pembahasan saat rapat kerja dengan pansus dan pandangan akhir raksi-fraksi DPRD. 

"Kiranya Allah SWT, selalu mempererat persatuan, menjalin silatuhrahmi dan mewujudkan persaudara an sesama warga serta hidup dalam penuh kedamaian, yang dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan. Semoga kita tetap berada dalam bimbingan dan petunjuk-nya dalam mengemban amanah rakyat yang dibebankan kepada kita bersama," doanya. ( Adv- RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post