Walikota Solok Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Bukik Batabuah Kabupaten Agam

Realitakini.com -Kota Solok
Walikota Solok Zul Elfian Umar, bersama rombongan menyalurkan bantuan ke manusiaan kepada warga terdampak ben cana banjir bandang, dan lahar dingin di Bukik Batabuah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (15/05/2024).

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp15 juta, yang diserahkan diPosko darurat bencana Bukik Batabuah, Kecamat an Candung Kabupaten Agam. Selain itu, bantuan berupa 1 ton beras dan 50 kardus mi instan juga disalurkan.

Setibanya di lokasi, rombongan Walikota Solok bergabung dalam dialog yang sedang berlangsung antara Pemerintah Pusat melalui BNPB, Anggota DPR RI, Gubernur Sumbar, Pangdam Bukit Barisan, dan Kapolda dengan masyarakat korban ben cana.Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto, dalam keterangannya menyata kan bahwa total korban meninggal dunia akibat banjir lahar di Sumbar mencapai 58 orang.Sementara korban hilang bertambah dari 27 menjadi 35 orang dalam pencarian.

Selain itu, sebanyak 33 warga mengalami luka-luka dan sedang menjalani perawatan , serta 1.543 keluarga mengungsi akibat bencana tersebut.

Suharyanto menjelaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan sejumlah solusi untuk menangani dampak bencana, termasuk perbaikan jalur transportasi, modifikasi cuaca, hingga opsi relokasi rumah. Pemerintah juga melakukan pendataan terhadap rumah yang meng alami kerusakan, baik rusak berat, rusak sedang, maupun rusak ringan.

“Hari ini kami telah melihat langsung empat lokasi dan akan menentukan langkah-langkah selanjutnya. Pendataan kerusakan mulai dari rumah, fasilitas sosial, hingga fasilitas umum akan segera ditindaklanjuti untuk diperbaiki dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang,” kata Suharyanto.

Menanggapi pertanyaan masyarakat terkait bencana ini, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyatakan bahwa pemerintah akan berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat terdampak bencana.

“Normalisasi sungai akan segera kami survei dan koordinasikan dengan Kanwil dan SDA. Jika diperlukan relokasi, kami akan mencari lokasi yang aman. Kami juga meminta agar masyarakat memberikan data yang sebenarnya terkait bantuan yang dibutuhkan,” sebut Mahyeldi Ansharullah.

Setelah pertemuan dengan masyarakat, Walikota Solok yang didampingi Asisten I Setda Kota Solok, Nova Elfino, dan Kalaksa BPBD, Herman, menyerahkan bantuan uang tunai serta logistik yang diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Agam, Edi Busti.

Walikota Solok kemudian mengunjungi lokasi terdampak bencana yang masih dipenuhi material batu, tanah, dan pohon yang terbawa air. Alat berat dan aparat dari TNI/Polri terlihat sedang membersih kan lokasi tersebut. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post