Bersih Dusun Darungan Desa Kandangan, Kades Kandangan Berharap Lestarikan Kesenian Budaya

Realitakini.com-Blitar
Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil bumi dan anugerah serta rezeki yang telah diberikan selama satu tahun terakhir, warga dusun darungandesa Kandangan, Kecamatan Srengat,Kabupaten Blitar,  menggelar acara bersih dusun, Jumat  Siang (07/06/2024)

Acara bersih dusun Darungan Kandangan dimulai dari Tahlilan, Pengajian, Genduri dan dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian Adat.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kandang an Wahyu Eko Nurdianto. SE . mengatakan, Tahlilan, Pengajian dan genduri do’a ber sama ini merupakan tradisi turun temurun warga dusun darungan Desa Kandangan dalam setiap bersih dusun. 

” Kegiatan ini sudah menjadi tradisi tahun an turun temurun dan acara ini bacaan tahlil kirim doa bersama yang ditujukan leluhur yang dipimpin oleh tokoh agama setempat,"ujarnya.

Lebih lanjut Nurdianto menjelaskan bersih desa ini juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat dan karunia serta sebagai tolak balak agar seluruh warga dusun Darungan dijauhkan dari berbagai musibah dengan harapan kehidupan masyarakat tentram ,rukun dan sejahtera.Jumat (07/06/2024)

” Kegiatan ini harus kita dukung dalam melestarikan budaya. Dengan melestarikan kesenian budaya kita akan mendapat teman , rukun dengan sesama dan pert umbuhan ekonomi ," terangnya.

Terakhir Kepala Desa Kandangan Wahyu Eko Nurdianto. SE. berharap nantinya ke giatan seperti ini bisa menjadi acara yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Sehingga kesenian budaya yang ada di dusun Darungan Desa Kandangan dapat dilestarikan turun - menurun dan di saksikan masyarakat khususnya semua masyarakat Kabupaten Blitar pada umumnya,"harapnya.( edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post