Bupati Rusma Yul Anwar Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
 Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan)  ke pada kelompok tani di Dinas Pertanian  Kabupaten Pesisir Selatan , Jumat (7/6) . 

Penyerahan bantuan Alsintan yang bersumber dari APBN dan APBD Kabupaten Pesisir Selatan 2024 kepada kelompok tani tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan, Mardianto dan sejumlah kepala perangkat daerah lainnya. 

Bupati Rusma Yul Anwar pada kesempatan itu mengimbau kepada kelompok tani agar memfaatkan dan memelihara bantuan alat mesin pertanian ini dengan baik untuk meningkatkan produksi pertanian. 

"Manfaatkan alat mesin pertanian ini untuk kebutuhan kelompok tani. Dengan alat mesin pertanian per tanian ini diharapkan produksi pertanian akan meningkatkan, " ucapnya. 

Di samping itu bupati juga mengatakan, petani di daerah ini terus  didorong meningkatkan produktivitas pertanian. Langkah itu bukan hanya dilakukan melalui peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) petani, tapi juga melalui berbagai program, salah satunya bantuan alat mesin pertanian (Alsintan).

Menurutnya, Pemkab Pesisir Selatan melalui Dinas Pertanian tetap mentargetkan peningkatan produksi padi, terutama pada lahan yang memiliki jaringan irigasi yang airnya terjamin.  Tentunya, melalui pe nyediaan bibit unggul serta melalui penerapan teknologi pertanian. Kemudian menjamin ketersediaan stok pangan,  kata bupati. 

Lebih lanjut bupati menambahkan, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan sebagian masyarakatnya berusaha di sektor pertanian. Kemudian pertanian selama ini menjadi basis ekonomi masyarakat.

"Terkait hal itu, maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memberikan perhatian serius terhadap pengembangan sektor pertanian. Kita juga mendorong masyarakat agar berupaya meningkatkan usaha pertanian," katanya.  

Kondisi itu didukung dengan areal persawahan yang cukup luas dan produktif. Namun pengembangan sektor pertanian mesti didukung dengan sarana dan prasarana irigasi yang memadai. 

Disamping itu perlu dilakukan penyebaran informasi penyuluhan tentang perkembangan inovasi teknolog i, harga pasar, permodalan, iklim, serangan hama serta kebijakan pembangunan yang berpihak kepada masyarakat.

“Kita berharap setiap program yang dilaksanakan dapat memacu perkembangan sektor pertanian. Itu sangat dipengaruhi oleh kinerja petugas mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai kepada petugas di lapangan. Dalam hal ini juga diharapkan perubahan sikap dan pola pikir masyarakat untuk mau dan mampu meningkat taraf hidupnya ke arah yang lebih baik,” ucapnya.( * RK)


Post a Comment

Previous Post Next Post