DPRD Kota Padang Tutup Masa Sidang III Selakigus Serakan Hasil Kunjungan Komisi

Realiatkini.com-Padang
DPRD Kota Padang melaksanakan paripurna dewan tentang penutupan masa sidang III Tahun 2017 sekaligus pembukaan masa sidang I tahun 2018 pada Jumat (29/12)."Dalam paripurna ini dilaksanakan penyerahan hasil kunjungan komisi dan hasil laporan reses dewan selama masa sidang I pada Wali Kota Padang," kata Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti saat memimpin rapat paripurna di ruang sidang utama DPRD Kota Padang.

Menurut Wali Kota Padang, saat ini terdapat 8 Ranperda inisiatif DPRD dan 18 ranperda usulan pemkot untuk dibahas pada 2018. Ranperda ini akan jadi pekerjaan berat kedua lembaga dan dapat diterima semua pihak.

"Dalam paripurna ini dilaksanakan penyerahan hasil kunjungan komisi dan hasil laporan reses dewan selama masa sidang I pada Wali Kota Padang," kata Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti saat memimpin rapat paripurna di gedung DPRD Kota Padang.Dalam rapat paripurna yang dibuka pada pukul 10.00 WIB itu penyerahan hasil kunjungan kerja komisi masa sidang III pada Wali Kota Padang yang langsung oleh Mahyeldi hasil kegiatan per komisi.

Sebelum disampaikan pada Wali Kota Padang, laporan kunjungan kerja itu diberikan perwakilan masing-masing komisi pada Ketua DPRD yakni oleh Komisi I diwakili oleh Zaharman, Komisi II diwakili oleh Rafli Komisi III diwakili oleh Amril Amin dan Komisi IV diwakili oleh Iswandi.
Sementara untuk hasil reses yang diberikan Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti pada Mahyeldi selaku Wali Kota Padang. Ketua DPRD Kota Padang menyampaikan laporan kegiatan reses dewan ke daerah pemilihannya pada 22 hingga 26 November 2017.

"Ini ialah laporan dari anggota DPRD Padang yang ikut reses. Diharapkan pemerintah setempat menindaklanjuti sebagaimana mestinya," ujarnya.Terkait penutupan masa sidang III yakni yang telah berlangsung pada September hingga Desember 2017, ia menyampaikan laporan yang disampaikan pada pemkot itu harus menjadi kajian dan evaluasi bagi pelaksana tugas pemerintahan pada masa sidang ke depan.

Menurut Ketua DPRD Kota Padang ada 8 ranperda inisiatif DPRD Kota Padang dan 18 ranperda usulan Pemko Padang menjadi tugas prioritas yang harus dijalani dengan baik agar bisa mengakomodir agenda penting lewat pengaturan jadwal kedewanan. Diharapkannya pada Tahun 2018 antara DPRD Kota Padang dengan Pemko Padang bisa melanjutkan sinergisitas, komunikasi dan transparansi kinerja berjalan dengan baik. Dan Elly menilai kinerja kedua lembaga ini padaTahun 2017 sudah berjalan dengan baik

Ia berharap anggota dewan setempat lebih serius menjalankan fungsinya karena tugas di bidang legislasi akan bertambah berat. "Memang sejauh ini DPRD telah berusaha maksimal namun belum sempurna termasuk di bidang pariwisata, pasar dan infrastruktur. Perlu dicarikan solusi," tambahnya.
Ia menilai untuk mewujudkannya perlu komunikasi yang baik serta transparansi antar anggota dewan serta hubungan dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Sementara Wali Kota Padang, Mahyeldi menyampaikan laporan hasil kerja DPRD selama masa sidang III itu ialah cerminan kinerja anggota dewan yang telah melaksanakan dan menyusun program kerja untuk percepatan pembangunan Kota Padang.

"Sama-sama diketahui masyarakat lebih memilih menyampaikan aspirasi pada wakil rakyat. Ini bukti mereka menaruh harapan besar, jadi harapan rakyat tersebut harus diperjuangkan," ujarnya.
Menurutnya, laporan itu nantinya juga untuk evaluasi dan penyempurnaan pada masa sidang I Tahun 2018 yakni Januari hingga April agar DPRD dapat lebih baik menjalankan tugasnya.(S/Wt)
Previous Post Next Post