Bulan Bakti Dasawisma Bupati Sebutkan Pentingnya Perhatikan Gizi Anak




Realitakini.com. Tanah Datar. 
Bupati Irdinasyah Tarmizi mengatakan pentingnya memperhatikan gizi anak dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. tidak hanya melihat dari berat badan namun tinggi badan tak kalah penting nya untuk kita pantau.

Hal ini di sampaikan Bupati dalam rangka pencanangan bulan bakti Dasa Wisma III dan Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat (BBGRM) XVI tingkat kabupaten Tanah Datar tahun 2019 senin 25/03 di lapangan  bola kaki nagari Salimpaung kecamatan salimpaung kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Hadir dalam acara pencanangan itu Buapti Tanah datar irdinansyah Tarmizi, ketua DPRD Tanah datar Anton yondra, Kapolres Tanah Datar AKBP H. Bayuaji Yudha Prajas SH, Dandim 03/07 Tanah Datar Edi S Harahap, Camat, Walinagari , Ibuk Emi Irdinansyah , Ketua persit, ketua Bhayangkari, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Ia menjelaskan stunting adalah kondisi dimana anak anak mengalami gangguan di masa pertumbuhan sehingga menyebabkan anak lebih pendek di bandingkan teman teman seusianya. kebanyakan orang tua tidak memahami masalah stunting, banyak yang tidak tahu stunting itu adalah gisi buruk.

Bupati juga menghimbau melalui bulan bakti Dasawisma dan BBGRM dengan tema kita “cegah stunting dan optimalkan pengelolaan sampah rumah tangga untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan ekonomi keluarga. kita tingkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi buat anak dan juga ibu hamil dan menyusui serta bisa mengolah sampah rumah tangga untuk berbagai kegunaan”ucap Bupati.

Sementara itu terkait dalam Bulan Bakti Gotong Royong  Bupati mengatakan akan di laksanakan sebulan penuh mulai dari tingkat propinsi sampai tingkat nagari. semoga dengan BBGRM ini dapat menjalin silaturahmi antara pemrintah daerah, kader pkk, dan masyarakat yang harus kita jaga. Jika kegiatan ini di laksanakan di nagari akan di nilai dan bagi yang terbaik akan mendapatkan reward dari pemerintahan daerah. Bupati juga memintah OPD terkait dalam hal ini Dinas PMDPPKB agar menganggarkan setiap tahun sehingga kegiatan gotong royong di nagari berkelanjutan. Bahkan bupati menjanjikan 100 juta untuk nagari yang berprestasi terbaik pertama Rp 75 juta untuk terbaik ke dua dan 50 juta untuk terbaik ke tiga dan itu di berikan dalam bentuk tunai dengan syarat setiap nagari harus mempunyai Bank sampah “imbuh Bupati.

Sementara itu Ketua DPRD Tanah datar Anton yondra menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan pkk yang dilaksanakan di setiap nagari dan jorong. “Masalah stunting ini perlu kita sosialisasikan karna itu juga terkait  dengan kebersihan lingkungan “ucapnya.

Kepala  Dinas PMDPPKB  Nopenril selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut di laksanakan mulai dari pencanangan dan pelaksanaan di setiap nagari mulai dari kegiatan dasawisma dan gotong royong. Tujuan kegiatan ini di sampaikan untuk melahirkan kebersamaan rasa gotong royong dan tanggung jawab serta meningkatkan peran seta keluarga dalam setiap kegiatan terutama dalam 10 program pokok pkk dan kebrsihan lingkungan “ kata Nofenril. (Humas/may)


Post a Comment

Previous Post Next Post