DESTINASI GALUNDI SINGKARAK

Realitakini.com -TANAH DATAR
-Berbicara Tanahdatar membuat kita teringat akan pesona budaya dan alamnya yang indah. Wisatawan belum dikatakan berkunjung ke Minangkabau, jika belum singgah ke Tanahdatar. Karena daerah ini merupakan pusat budaya dan jantungnya Minangkabau yang kaya akan nilai nilai filosofi, sejarah dan seni. Selain wisata budaya, Tanahdatar memiliki puluhan destinasi wisata alam yang sangat menarik. Baik itu pegunungan, air terjun, danau, sungai dan goa goa yang fantastik.

Kali ini kita akan berkunjung ke obyek wisata Galundi. Destinasi ini dengan hamparan sawah dan danau singkarak berlatar perbukitan memanjakan mata memandangnya. Dengan keindahan pemandangan sekelilingnya membuat kita betah berlama lama untuk menikmati keelokan alamnya yang asri. Ini sangat cocok bagi tujuan wisata keluarga dan rombongan.

Berlokasi ditepian danau singkarak nagari batutaba kecamatan batipuh selatan. Berjarak sekitar 15 Km dari Batusangkar. Pengunjung dengan mudah menemukan lokasi karena dilalui jalan nasional. Sedangkan dari bandara menempuh selama 2,5 jam perjalanan. Bagi pengunjung lokal bisa menggunakan angkutan umum dari kota Padangpanjang yang berjarak 18 Km dari tempat wisata.

Disela menikmati keindahan pesona danau Singkarak wisatawan bisa mencicipi gurihnya ikan bilih, ikan spesifik yang hanya ada di danau Singkarak.

Setelah menikmati riak danau Singkarak di Galundi, wisatawan bisa berkunjung ke Tanjung mutiara atau puncak Aua surumpun yang bisa menyaksikan danau Singkarak secara keseluruhan. Kedua destinasi ini sangat dekat dari galundi. Untuk lebih merasakan nuansa Alam Minangkabau, wisatawan bisa menginap di rumah gadang Sumpu atau hotel Sumpur.

"Jika sedang beruntung, wisatawan bisa menyaksikan Festival Galundi Singkarak yang digelar setiap tahunnya di bulan oktober. Dengan penampilan atraksi silek, pacu biduak, balai galundi, makan bajamba, pentas seni dan permainan anak nagari. Persiapkan jadwal untuk berkunjung ke galundi dan keramahan kami siap memandu liburan anda."ujar Yenita Murni, salah satu pemandu lokal wisata galundi.(**)

Post a Comment

Previous Post Next Post