Pasaman Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis :Pembangunan Kesehatan Merupakan Investasi Utama

Realitakini.com –Pasaman 
 Pasaman Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis minta Dinas Kesehatan (Dinkes) meningkatkan sosialisasi hidup sehat kepada masyarakat, terutama untuk melakukan pencegahan sedini mungkin terhadap berbagai penyakit. Hal itu disampaikannya saat membuka Pencanangan Kampung P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) di Sopo Godang Jorong Kampung Tongah Kenagarian Tarung-tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman, Senin (23/12)  hari ini
.
Bupati menyatakan, pembangunan kesehatan merupakan investasi utama bagi pembangunan sumber daya manusia. "Pembangunan kesehatan pada dasarnya upaya kita untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan setiap orang untuk dapat berperilaku hidup sehat.

 Perlu perencanaan dan evaluasi terhadap pembangunan kesehatan yang sistemati, terarah, terpadu, dan menyeluruh serta dibutuhkan keterlibatan berbagai sektor dan seluruh komponen bangsa dalam pelaksanaannya," ujarnya.

 Menurutnya, program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) mempunyai peran sangat besar dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

 "Bidang tugas pencegahan dan pengendalian penyakit mencakup surveilans dan imunisasi, pengendalian penyakit menular, penyakit tidak menular, serta masalah kesehatan jiwa dan napza," ujar Bupati.

Post a Comment

Previous Post Next Post