KSLNB" Deklarasi dan Selenggarakan Pentas Integritas Seni Dan Budaya

Lima Puluh Kota-Realitakini.com
Puluhan pecinta dan penggiat seni yang berada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota Sepakat berhimpun dalam suatu ikatan komunitas yang mereka namakan Komunitas Seni Luak Nan Bungsu (KSLNB).

Sebagai wujud komitmen dan bentuk kehadiran mereka di Luak Nan Bungsu, KSLNB mengadakan acara deklarasi dan pentas integritas, seni dan Budaya, (09/02/2020).

Acara deklarasi yang diselenggarakan di halaman SD Negeri 03 Guguak Kenagarian VIII Koto Talago Kecamatan Guguak ini bertemakan "Pentas Integrasi Seni Dan Budaya Minang. Untuk memeriahkan acara, KSLNB sekaligus mengadakan kontes lagu minang kategori anak-anak.

Irvandi Dt. Nan Batuah yang merupakan Ketua KSLNB kepada awak media menyampai kan bahwa; "KSNLB telah mempunyai badan hukum. Komunitas ini telah diakui oleh Menkumham pada tanggal 17-01-2020".

"Acara kontes lagu minang ini merupakan rangkaian dari acara deklarasi yang kami selenggarakan. Untuk kontes vokal ini, panitia menyediakan hadiah berupa tabanas, trophy dan bingkisan menarik. Total keseluruhan hadiah yang disediakan panitia adalah 18 juta rupiah. Hadiah berasal dari para sponsor dan donatur yang bersifat tidak mengikat", imbuh Irwandi.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencari bibit-bibit muda yang ada di Luak Nan Bungsu guna kita orbitkan ke tingkat yang lebih tinggi. Selanjutnya kita juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi pemicu untuk tumbuh, kembang dan kecintaan anak muda terhadap kegiatan seni dan budaya", tutup ketua KSLNB itu.

Di tempat terpisah, Ridho Ilahi, S.pt yang merupakan tokoh masyarakat Guguak yang juga dipercayakan menjadi Sekretaris di KSLNB kepada awak media mengatakan; "Kita berharap KSLNB ini dapat menjawab persoalan Badan Kesenian Daerah yang telah lama mati suri".

Mudah-mudahan program yang kami selenggarakan berikutnya, tetap dapat diterima oleh Pemerintahan Daerah. Insya Allah, Program-program yang akan kami selenggarakan, akan berjalan dalam jangka panjang, imbuh Ridho.

Selanjutnya, Ridho Ilahi Juga menjelaskan; "Di dalam KSLNB, kami juga merangkul para seniman musik, teater, seni rupa, seni tari dan sastra. Untuk merawat, melestarikan dan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap seni budaya, merupakan tanggung jawab kita bersama agar tidak hilang ditelan zaman,"tutup Ridho.(*)

Post a Comment

Previous Post Next Post