Berkunjung ke Rumah Warga yang Sakit, Wali Kota Sawahlunto Berikan Bantuan

Realitakini.com - Sawahlunto.
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta,SH bersama rombongan, mengunjungi rumah Reda Mustika, warga Dusun Stasiun Desa Silungkang Tigo, Kecamatan Silungkang, Sabtu (29/2/2020).
Reda Mustika diketahui mengalami lumpuh usai melahirkan putranya Hafis, yang saat ini baru berusia dua bulan. Karena kelumpuhan total ini, untuk mendapatkan asupan makanan saja, Reda hanya mengandalkan NGT (sonde) yang dipasang dari hidung sampai ke lambung. 

Menurut keterangan petugas medis melalui Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkesdalduk-KB) Yasril mengatakan, lumpuh yang di alami Reda, disebabkan rendahnya hemoglobin (hb) pasca melahirkan, dimana saat itu Reda mengalami pendarahan. 

"Saat melahirkan, Reda mengalami  pendarahan berlebihan dan rentetan dari pendarahan tadi membuat otak Reda kekurangan darah untuk mengalirkan oksigen, istilahnya iskemic, jadi saat oksigen ke otak ini berkurang maka menyebabkan rusaknya jaringan syaraf di tubuh Reda. Sehingga, efeknya seperti sekarang, jelas Yasril. 

Sementra untuk peluang Reda bisa kembali pulih, Yasril mengatakan "ada", meski secara teori medis peluang tersebut sangat terbatas.

Tapi, kata Yasril, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Silungkang tetap akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perawatan terhadap Reda.

Melihat kondisi Reda tersebut, Wali Kota meminta Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, Yasril,SKM,MM dan Kepala Puskesmas Silungkang, Salma Lira, agar Reda segera dirawat di rumah sakit sehingga bisa mendapatkan layanan pemulihan kesehatan yang sesuai standar medis.

"Kami siap membantu memulihkan Reda di rumah sakit. Namun, tadi dari pihak keluarga ada beberapa pertimbangan, jadi setelah kita musyawarahkan, hasilnya kita sepakat bahwa Reda ini akan dirawat di Puskesmas terdekat, yakni di Puskesmas Silungkang," tutur Wali Kota. 

Beruntungnya, meski kondisi Reda dalam keadaan sakit, namun sang putra yang dilahirkan tersebut dalam kondisi sehat dan kuat serta tidak rewel. Terlihat, saat Wali Kota Deri berkesempatan menggendong Hafis, sambil sesekali tersenyum

"Hafis ini tugas kita bersama untuk merawat dan memastikan kesehatannya terjaga. Saya minta pihak puskesmas jangan hanya merawat ibunya saja, tapi anaknya juga harus dipantau ," pesan Walikota Deri Asta,SH  sambil menggendong Hafis.

Mendapat instruksi dari Wali Kota, Kepala Puskesmas Silungkang, dr. Salma Lira mengatakan, secepatnya, "kalau tidak Minggu besok atau Senin, tim dari Puskesmas Silungkang akan menjemput Reda di rumahnya. Sedangkan untuk pelayanan obat - obatan, nanti akan dikoordinasikan dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto".

Kunjungan Pemko Sawahlunto kali ini, sekaligus memberi bantuan kepada Reda berupa uang Rp3.000.000,- dan makanan serta perlengkapan bayi.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Wali Kota, didampingi tim jajaran Dinkesdalduk-KB bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD-PPA).

Sementara, Joko Prayitno (suami Reda) tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota dan jajarannya yang telah peduli peduli dengan keadaan Reda.

"Terima kasih, memang bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan. Sejak istri saya melahirkan sampai saat ini saya tidak bisa beraktifitas, selain merawat istri, saat juga harus merawat anak," kata Joko.(AN)

Post a Comment

Previous Post Next Post