Lindungi Anak Dan Penuhi Hak Anak Melalui Kenerja Dinas DPPPA,Sumbar Raih Anugrah KPAI

Realitakini.com- Padang 
Pembangunan nasional dalam lima tahun kedepan difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, termasuk didalamnya peningkatan kualitas anak, perempuan dan pemuda. Untuk itu, berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi  sumatera Barat juga diarahkan pada peningkatan kualitas SDM.Dalam peningkatan kualitas SDM ini, salah satu yang menjadi perhatian adalah pemenuhan hak dan perlindungan anak serta perlindungan pemberdayaan perempuan. Melalui Dinas Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), sejumlah kegiatan dirancang Pemerintah Provinsi Sumatera Barat guna mewujudkan hal ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sumbar, Drs. Besri Rahmad,MM mengatakan,” bentuk komitmen Pemprov Sumbar terhadap penyelenggaraan perlindungan anak, khususnya anak berkonflik hukum (anak sebagai korban, pelaku dan saksi), yakni, dengan telah ditetap kan Tim Penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum Lintas Sektor tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019, oleh Gubernur Sumbar Pembentukan tim ini ditindaklanjuti dengan beberapa kegiatan, rapat koordinasi,sosialisasi,workshop maupun konsolidasi ter hadap pencegahan dan penanganan kasus.Hasil dari kegiatan tersebut, dibuat laporan oleh masing-masing lintas sektor yg terkait kepada KPAI sebagai lembaga negara yang berfungsi sebagai Pengawasan Penyelenggaran Perlindung an Anak melalui aplikasi SIMEP. “Inilah yang dinilai oleh KPAI dan menjadi indikator untuk pemberian Anugerah KPAI tahun 2020,” ujarnya.
Atas komitmen yang telah dilaksanakan, KPAI memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, sebagai daerah terbaik kategori komitmen dalam penyelenggaraan perlindungan anak dan melaporkan capaian berbasis Sistem Informasi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP) Penyerahan penghargaan dilaksanakan secara virtual oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhajir Effendy, kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang didampingi oleh   Drs. Besri Rahmad ,MM Kapala Dinas Pemberdayaan Prempuan dan perlindungan   anak  (PPPA) Provinsi Sunbar, Rabu (22/7), pada momentum peringat an Hari Anak Nasional (HAN) 2020. Di Ruangan Rapat  Gubernur Sumatera Barat  
Acara ini juga dihari , KAJATI Sumbar, Dinas kesehatan, Depertamien Agama,  Kapolda Sumbar ,serta Tim koordinasi Penanganan ABH Provinsi. Sumbar. Selain kepada Gubernur Sumbar, KPAI, juga memberikan penghargaan kepada empat pemerintah provinsi lainnya. Yakni, Pemprov Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, DI  Yogyakarta dan Aceh.Juga ada penyerahan sejumlah penghargaan beberapa kategori nominasi.
Di antaranya, kementerian/lembaga yang ber komitmen  dalam penyelenggaraan perlidungan anak,pemerintah  provinsi, kabupaten/kota, lembaga penegak hukum, KPAD kabupaten/kota. Selain itu, juga ada kategori nominasi bagi forum anak kepedulian terhadap Covid-19, profesi peduli anak, serta pemberian penghargaan khusus pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersyukur atas penghargaan yang telah diterimanya. Apalagi penghargaan tersebut diterimanya disaat pandemi Covid 19. “Terima kasih kepada KPAI yang telah memberikan anugerah ini.
 Penghargaan ini jadi motivasi kita, bagaimana perlindungan terhadap anak menjadi hal yang penting dalam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara,” ujar Irwan Prayitno seusai acara vicon virtual pemberian Anugerah KPAI 2020, Rabu (22/7).Juga ada penyerahan sejumlah penghargaan beberapa kategori nominasi. Di antaranya, kementerian/lembaga yang ber komitmen dalam penyelenggaraan perlidungan anak, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, lembaga penegak hukum, KPAD kabupaten/kota. Selain itu, juga ada kategori nominasi bagi forum anak kepedulian terhadap Covid-19, profesi peduli anak, serta pemberian penghargaan khusus pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.Irwan Prayitno juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dedikasi terhadap kemajuan pelaporan kegiatan perlindungan anak di Provinsi Sumbar.
 Termasuk juga kerjasama Pemprov Sumbar dengan KPAI Sumbar, yang memiliki komitmen dalam penyelenggaraan perlindungan anak.Irwan Prayitno menyebutkan, Pemprov Sumbar telah berkomitmen melakukan usaha-usaha perlindungan terhadap anak dalam bentuk kebijakan-kebijakan, sosialisasi dan upaya pencegahan. Selain itu, juga memberikan penguatan kepada lembaga dan masyarakat, serta memberikan perlindungan khusus anak.”Anak adalah masa depan bagi bangsa ini. Khusus kekerasan terhadap anak, Alhamdulillah, tahun ini jumlah kasusnya menurun,” ungkapnya.
Selain komitmen dalam penyelenggaraan perlindungan anak, Anugerah KPAI tahun 2020 ini menyerahkan penghargaan atas upaya Pemprov Sumbar melaporkan capaian berbasis SIMEP. Pemberian penghargaan ini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas, sesuai mandat Pasal 76 Undang-Undang No. 35 tahun 2014.
Tujuannya, agar pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan anak, dapat memberikan kualitas yang lebih baik.Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, inovasi di bidang perlindungan anak terus digiatkan. Anugerah KPAI Tahun 2020 kepada lembaga dan instansi hingga individu yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak di Indonesia.(wt/hms Sumbar)

Post a Comment

Previous Post Next Post