Follow Us

header ads

Petani Kalinusu Brebes Yang Senang Jalan UsahaTani di Bangun Melalui TMMD Reguler


Realitakini.com-Brebes,

 Pembangunan akses jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, dari Dukuh Karanganyar ke Dukuh Kedung Kandri yang selama ini terisolasi dari desanya, juga menyejukkan bagi para petani di desa itu, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Salah satunya adalah Mudri (42), warga Dukuh Glempang, Kalinusu, yang saat ini sedang panen cabe.

Menurutnya, jalan itu juga akan menjadi Jalan Usaha Tani (JUT), sehingga dirinya juga akan ikut terbantu untuk membawa pupuk atau hasil panen dari ladangnya yang berada tak jauh dari jalan TMMD.

“Walaupun saat ini panen sedang tidak bagus, namun tetap gembira karena adanya jalan tani,” ujarnya, Jumat (25/9/2020).

Sementara dijelaskan Sertu Eko Nuhyoto, Babinsa Koramil 08 Bumiayu, bahwa ada 100 KK di Dukuh Kedung Kandri yang memang selama ini terisolasi dari 12 dukuh lainnya di Kalinusu.

“Jalan yang sedang dibangun melalui TMMD ini akan menjadi jalan tembus bagi warga Dukuh Kedung Kandri untuk mendapatkan pelayanan Adminduk di Balai Desa, kesehatan di Posyandu Lestari Kalinusu, serta pendidikan di sejumlah SD di Kalinusu,” bebernya.

Dijelaskannya lanjut, dulunya memang warga Kedung Kandri harus menyebrang Kali Pemali dengan rakit untuk menuju ke pasar, mengakses pendidikan dan kesehatan di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Ditambahkannya, ongkos yang harus mereka keluarkan yakni seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu per satu unit sepeda, dan Rp. 5 ribu untuk satu unit sepeda motor.

“Jadi jika jalan baru sudah jadi maka mereka tidak lagi mengeluarkan ongkos tambahan untuk keluar dari dusun mereka,” pungkasnya. (Rus/Aan/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom