Wujud Syukur Warga Sonosari Jelang TMMD Kirim Punden


 Karanganyar - Kepala Dusun Sonosari, Sriyanto menjelaskan bahwa tradisi kirim punden/kirim doa sebagai bentuk bersyukur yang dilakukan rutin setiap bulan Syuro, Jumat pon di Dukuh Sonosari.

“Tradisi kirim punden merupakan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, dengan kami bersyukur semoga warga Dusun Sonosari senantiasa diberikan rejeki yang melimpah, selalu diberikan kesehatan dan keselamatan,”ungkapnya.

Saat ini kita berada di bulan Muharram atau orang jawa menyebutnya degan bulan Syuro. Sudah merupakan tradisi masyarakat Desa Jatiwarno Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar dalam menyambut bulan Syuro.

Mereka menyambutnya dengan menggelar doa bersama meminta kesehatan dan keselamatan di sebuah punden. Hal itu sekaligus merupakan wujud syukur dari warga dengan adanya pelaksanaan TMMD di desanya.

Sonosari masih kental dengan adat kirim punden, masyarakat tampak satu persatu berdatangan dengan membawa keranjang yang berisi makanan. Bagi warga Sonosari, kirim punden adalah sebagai bentuk melestarikan adat istiadat yang sudah turun temurun setiap tahun baru Islam pada hari Jumat Pon dan rutin mengadakan doa bersama.(ST)

Post a Comment

Previous Post Next Post