Air Irigasi Sangat Vital Untuk Bangun Jalan TMMD Kodim Kendal

 



KENDAL -   Saat mengerjakan salah satu sasaran fisik TMMD Reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal di Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pengecoran jalan sepanjang 1,2 Km, air irigasi yang ada di sekitar lokasi sangat vital.

''Kita memang mengandalkan air irigasi yang ada di kanan kiri jalan.
Karena  air menjadi salah satu hal penting yang harus selalu tersedia, yakni untuk  pengencer dalam adonan semen dan pasir saat ngecor jalan itu,'' tersang Babinsa Sendang Kulon, Sertu Rosi.

Untuk itu, di lokasi pengecoran jalan,  beberapa warga yang ikut gotong royong dalam TMMD sedang menampung air dari saluran irigasi yang berada di kanan kiri sepanjang jalan yang di beton.

Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk mempersiapkan proses pengadukan campuran pasir dengan semen. ''Pemanfaatan air irigasi yang ditampung dalam tong itu, cukup memperlancara pengecoran jalan TMMD,'' tambag Sertu Rosi.  

Mbah Kasiman (73), salah satu warga setempat mengatakan,  air irigasi yang ada di kanan kiri jalan itu, selain  untuk mengencerkan adonan semen dan pasir, juga digunakan untuk perawatan (curing) guna menjamin proses pengerasan jalan cor yang bagus.

''Kebutuhan air irigasi ini cukup banyak untuk bahan campuran adonan maupun untuk penyiraman agar kualitas jalanya jadi bagus,”  jelas Mbah Kasiman. (Pendim 0715/Kendal)

Post a Comment

Previous Post Next Post